Blog Detail

gigi sempurna

Jangan ‘Skip’ Menyikat Gigi: Ini 5 Kandungan Penting Dari Pasta Gigi

Dear sahabat Audy,

Apakah kamu masih sebegitu random kalau membeli pasta gigi? Mungkin karena memang nggak begitu mengerti jenis pasta gigi yang paling pas buat kamu. Saking nggak tahunya, mungkin kamu pernah nyoba sekian jenis pasta gigi yang menurut kamu ‘yang ini rasanya enak’ dan ‘yang ini kurang enak’

Kemungkinan lain, kamu juga belum tahu apa saja kandungan penting di dalam sikat gigi. Sebenarnya sudah jelas tertera di kemasannya, cuma mungkin penjelasan dari sana belum membuat kamu mengerti. Meski kandungannya bermacam-macam dan bisa berbeda proporsinya di tiap produk, pada dasarnya sebuah pasta gigi memiliki kandungan utama yang sama fungsinya. Karena itu, yuk kita cari tahu!

Dirangkum dari berbagai sumber, ada beberapa kandungan penting yang umum terdapat di dalam sebuah pasta gigi, diantaranya:

Fluoride

Mungkin loyal costumer sering mendengar istilah Fluoride. Zat ini sering terdengar banyak disebut dalam iklan pasti gigi. Flouride adalah sebuah senyawa kimia berbentuk garam yang memiliki banyak jenis, seperti Sodium Fluoride, Calcium Fluoride, dan sebagainya. Disinyalir, ini adalah garam penting yang berguna untuk menguatkan gigi.

Selain itu, penggunaan Fluoride dalam pasta gigi dapat mengurangi risiko karies pada gigi, membuat lapisan permukaan (enamel) gigi lebih kuat, juga mampu memineralisasi daerah gigi yang membusuk. Meski begitu, dosis Fluoride yang tinggi di sebuah pasta gigi rentan menyebabkan gejala fluorosis yang mempengaruhi tampilan gigi.

Pastikan pasta gigimu tepat sesuai kondisi gigi dan mulutmu ya, loyal costumer. Kalau masih bingung bagaimana menemukan tipe pasta gigi yang tepat, disarankan untuk menemui dokter atau klinik gigi terdekat.

Potassium Citrate

Seperti halnya fluoride, Potasium sitrat adalah senyawa garam dari asam sitrat. Di dalam sebuah pasta gigi, proporsi kandungannya dapat membantu mengurangi eksitasi saraf untuk meredakan ngilu pada gigi.

Penelitian klinis menyebutkan, bahwa pasta gigi yang mengandung Potasium sitrat dapat menghilangkan rasa ngilu dalam hitungan menit ketika dioleskan langsung pada area gigi sensitif.

Hydroxyapatite (HA)

Hidroksiapatit adalah sebentuk mineral alami yang terdapat di alam, yang serupa dengan mineral yang terdapat pada tulang manusia dan lapisan enamel maupun dentin gigi.

Kandungan hidroksiapatit pada sebuah pasta gigi akan membantu proses pembentukan kembali lapisan gigi yang disebut juga sebagai remineralisasi, sekaligus senyawa ini juga dapat melindungi dari demineralisasi.

Zinc Citrate

Seperti kandungan alami lain, Zinc Citrate (seng sitrat) merupakan senyawa garam yang juga sangat penting dalam kandungan sebuah pasta gigi.
Proporsi kandungan Zinc Citrate yang cukup bisa membantu mencegah resesi gusi dengan fungsinya memperkuat gusi.

Calcium Sodium Phosphosilicate

Senyawa kalsium ini sering disebut dengan Novamin, adalah bahan penting di dalam pasta gigi khusus untuk penderita gigi sensitif. Menurut penelitian, kandungan Novamin ini dapat menutup celah di akar gigi (tubulus dentin) dan embentuk lapiran pelindung pada gigi, seperti fungsi dari hidroksiapatit. Pada akhirnya, ini akan ampu mengurangi rasa nyeri pada gigi sensitif.

Nah, jadinya sudah tahu kan kandungan penting di dalam pasta gigi? Jangan sampai skip lho untuk menyikat gigi setiap hari, minimal dua kali sehari atau setelah makan agar kesehatan gigi tetap terjaga.

Kalau loyal costumer ingin berkonsultasi seputar pilihan pasta gigi yang tepat, juga masalah seputar kesehatan gigi lainnya maka disarankan untuk datang ke klinik gigi Audy Dental terdekat ya.

Khusus loyal costumer yang berdomisili di Jakarta Timur dan sekitarnya, bisa berkunjung ke klinik gigi Audy Dental yang beralamat di Jalan Pahlawan Revolusi No. 16B Duren Sawit. Kalau membutuhkan informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kontak di (021) 29622453.

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.