Damon Braces : Braces Self-Ligating Yang Harus Kamu Tahu

Hai, Sahabat Audy!

Ada berbagai jenis braces gigi yang tersedia di pasaran, tentunya dapat dipilih dan direkomendasikan oleh dokter gigi menurut fungsinya masing-masing. Ada dua jenis braces gigi umum ditemui, yaitu bentuk permanen dan bentuk yang dapat dilepas pasang. Nah, salah satu tipe dari braces gigi yang merawat gigi secara permanen adalah braces self-ligating. Wah mungkin kamu penasaran, kira-kira jenis braces apa ya itu?

Sahabat Audy, behel self-ligating adalah behel yang dilengkapi dengan klip yang mengunci posisi kawat di gigi. Kawat beserta braketnya tersedia dalam bahan metal maupun keramik. Kelebihan behel self-ligating dibandingkan dengan macam-macam behel lainnya adalah dilihat dari cara kerja yang lebih baik. Selain itu, behel jenis ini juga tidak mengharuskan kamu untuk kontrol ke dokter gigi sesering pengguna behel tradisional.

Dari bermacam merk braces self-ligating, salah satu yang populer adalah braces Damon. Mungkin kamu pernah mendengarnya sebelum ini? Merk ini cukup terkenal lho, sehingga sering secara langsung diasosiasikan sebagai braces self-ligating. Ada juga berbagai merk lain untuk braces gigi self-ligating, seperti Clippy Clear dan Clippy Metal. Sementara, kalau Sahabat Audy mencari braces non-damon, itu berarti kurang lebih sama dengan behel konvensional. Kamu juga mungkin penasaran, bedanya apa sih?

Kunci pembeda dari braces Damon (self-ligating) dengan braces konvensional adalah terletak pada tidak digunakannya karet elastis. Untuk braces konvensional, karet elastis digunakan untuk mengikat kawat bracket gigi, namun berpotensi menghambat pergerakan kawat karena memiliki daya gesek/friksi yang besar pada saat kawat bergerak mengikuti pergerakan rahang dan gigi. Sedangkan behel Damon sendiri sudah didesain dengan slot khusus yang dapat menjaga kawat tetap stabil sehingga meminimalisasi friksi dan membuat pergerakan rahang maupun gigi dapat lebih fleksibel.

Teknologi Damon ternyata variatif lho, Sahabat Audy. Ada teknologi Damon Quantum/Damon Q adalah teknologi braces self-ligation yang telah terbukti klinis untuk gerakan gigi yang cepat dan rendah. Ada juga teknologi Damon Clear yang merupakan bagian dari sistem inovatif untuk menghubungkan kawat gigi dengan bracket yang berwarna bening dan transparan sehingga braces gigi terlihat lebih indah terutama saat tersenyum.

Akan tetapi dari kesekian keistimewaan yang dimiliki oleh braces gigi jenis Damon ini, pastinya akan merogoh biaya yang cukup lumayan. Estimasi harga untuk braces gigi self-ligating jenis Damon ini berkisar antara Rp25 juta-Rp 30 juta. Tentunya, harga yang sedimikian tinggi akan cukup sebanding dengan fungsi dan manfaat yang akan kamu dapatkan terutama soal estetika dan kenyamanan ya, Sahabat Audy.

Segera datangi cabang Audy Dental di kotamu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan juga rekomendasi dari dokter spesialis yang profesional dan juga ditunjang oleh fasilitas yang terbaik. Tentunya, hasilnya akan membuat gigimu jadi lebih rapi dan menunjang penampilanmu agar lebih menarik!

Yuk, tunggu kapan lagi? Segera ke klinik Audy Dental ya!