Serba-Serbi Gigi Palsu Permanen: 5 Hal Yang Harus Kamu Tahu

gigi palsu tiruan

Halo, Sahabat Audy!

Pernah terbayang nggak sih, kalau suatu saat mungkin gigi kamu akan mulai tanggal satu persatu karena usia yang sudah menua. Atau, barangkali kamu juga sudah mengalaminya karena ketidaksengajaan semisal karena terkena musibah atau kecelakaan? Tentunya akan sangat berpengaruh ke penampilan kamu ya, Sahabat Audy. Selain itu, pastinya kamu juga tidak merasa nyaman ketika mengonsumsi makanan maupun minuman, bahkan bisa juga mengganggu lisan ketika berbicara.

Di umur yang sudah dewasa, gigi kamu nggak berpotensi untuk tumbuh lagi. Solusi yang bisa kamu ambil diantaranya adalah memasang gigi palsu, yang membutuhkan rekomendasi dari dokter ahli sehingga kamu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Gigi palsu pun umumnya terbagi menjadi dua, yang sifatnya permanen dan non-permanen. Tentunya keduanya punya keunggulannya masing-masing ya, Sahabat Audy.

Untuk itu, Sahabat Audy harus mengetahui serba-serbi bahan tentang gigi palsu permanen yang bisa jadi opsi terbaik dari perawatan gigi kamu. Yuk, kita bahas!

Berbagai Pilihan

Nah Sahabat Audy, ternyata gigi palsu permanen itu memiliki berbagai pilihan lho, diantaranya adalah implan gigi dan gigi tiruan jembatan (bridge). Implan gigi merupakan sebuah proses dari pemasangan sekrup titanium yang ditanam pada rahang gigi untuk menjadi penyangga gigi pengganti, yang juga memiliki fungsi yang sama seperti akar gigi. Sedangkan gigi tiruan bridge merupakan ‘jembatan’ yang mengisi kekosongan dari gigi yang hilang, bisa ditopang oleh gigi alami atau gigi palsu yang berbentuk dua buah mahkota yang dipasang pada kawat besi dan diletakkan pada kedua gigi pada ujung bagian gigi yang kosong.

gigi palsu sebagian

Mengembalikan Fungsi Gigi

Apapun bentuk dan rekomendasi gigi palsu yang Sahabat Audy pilih, tentunya akan sangat membantu mengembalikan fungsi gigi seperti kemampuan lisan yang lebih optimal, dapat mengunyah dan memproses seluruh makanan maupun minuman yang masuk ke dalam mulut. Keuntungan lainnya ada juga lho, seperti mengembalikan bentuk asli dari pipi dan mulut sehingga wajah kamu jadi lebih ‘penuh’ dan senyum kamu bisa lebih mengembang, Sahabat Audy.

Membutuhkan Dokter Spesialis

Nggak semua orang tahu lho, Sahabat Audy, kalau setiap kasus gigi itu akan ditangani oleh dokter spesialis gigi yang berbeda-beda. Dalam kasus gigi palsu ini saja misalnya, bisa melibatkan dua spesialisasi berbeda dalam penanganannya, diantaranya dokter spesialis Orthodonti (SpOrt) yang berfokus pada keindahan dan keberaturan bentuk rahang maupun gigi. Perawatan yang dilakukan oleh orthodontist ini meliputi perbaikan letak gigi yang tidak teratur sehingga dapat mengembalikan fungsi rahang dan mulut agar dapat mengunyah secara optimal sekaligus memperbaiki estetika dari tampilan gigi. Ada pula dokter spesialis Bedah Mulut (SpBM) yang menangani langsung penanaman gigi palsu permanen seperti implan gigi.

Bahan Yang Bervariasi

Dari banyak pilihan gigi palsu permanen, ada berbagai bahan yang digunakan dan punya fungsi spesifiknya sendiri, Sahabat Audy. Ada yang terbuat dari bahan plastik, akrilik, porselen, keramik, bahkan logam. Segalanya juga nanti kembali ke fungsinya dan bagaimana rekomendasi dari dokter ahli yang kamu temui.

Harga Yang Bervariasi, Juga

Dari hampir semua bentuk layanan perawatan gigi, masalah ini pasti jadi poin penting ya, Sahabat Audy. Terlebih soal gigi palsu, membutuhkan investasi yang cukup lumayan tapi dipastikan sebanding dengan kualitas dan nilai tambah yang kamu dapatkan untuk keseluruhan fungsi dan tampilan gigi. Dalam estimasinya tersendiri, untuk pemasangan gigi palsu permanen seperti implan gigi membutuhkan biaya sekitar Rp 15 juta-Rp 20 juta, begitupun dengan gigi tiruan jembatan (bridge) Rp3 juta-Rp 4 juta per gigi yang dijadikan bridge.

Nah, kalau Sahabat Audy tertarik dan berniat untuk memasang gigi palsu permanen, maka bisa langsung datang ke klinik gigi Audy Dental pada cabang terdekat di kotamu ya. Tentunya, servis perawatan gigi dan yang lain sebagainya didukung oleh dokter yang profesional serta fasilitas yang modern dan canggih.

Tunggu apalagi, Sahabat Audy? Segeralah berkunjung ke klinik Audy Dental!