Jangan Bingung, Ini Hal Yang Mesti Kamu Ketahui Tentang Gum Lifting

Halo, Sahabat Audy!

Kamu pastinya ingin tampilan gigimu lebih baik dan berwarna putih agar senyum cerahmu dapat terkembang sempurna. Meski begitu, ada beberapa faktor yang agak sulit diatasi seperti keadaan gigi yang terlalu pendek karena tertutup oleh jaringan gusi. Hal tersebut bisa juga karena kamu memiliki ukuran gigi yang lebih kecil dari biasanya, atau bibir atas kamu sedikit lebih pendek dari rata-rata sehingga yang tampak saat tersenyum itu justru lebih banyak gusi dibandingkan gigi, Sahabat Audy.

Tentunya dengan kondisi tersebut, bentuk gusi dan gigi kamu menjadi kurang estetik sehingga tidak dalam posisi terbaik untuk mengembangkan senyum sempurna atau diistilahkan sebagai gummy smiles yang umumnya bersifat genetis. Apakah kamu merasakannya juga, Sahabat Audy? Untuk kasus yang spesifik seperti ini, ilmu kedokteran gigi sudah mengembangkan teknologi bernama gum lifting atau pengangkatan gusi (gingivectomy). Kira-kira, apa ya itu? Simak informasinya berikut ini, Sahabat Audy!

Apa itu gum lifting?

Gum lifting merupakan perawatan yang dilakukan untuk memperbaiki estetika gigi dengan cara mengangkat dan membentuk gusi sehingga nantinya diperoleh bentuk gusi yang lebih simetris dan natural. Prosedur ini dilakukan oleh dokter spesialis periodonsia dengan melibatkan pembentukan kembali jaringan atau tulang di bawah garis gusi untuk menciptakan penampilan gigi yang lebih panjang dan simetris, sehingga membuat efek senyum lebih lebar dan memiliki estetika yang lebih baik.

Nah Sahabat Audy, prosedur gum lifting ini juga dikenal dengan istilah pemanjangan mahkota yang secara historis telah digunakan juga untuk mengobati penyakit gigi. Pengangkatan gusi ini mencakup juga pembentukan tulang untuk mengurangi bentuk rahang atas yang terlalu mendominasi dan bahkan melebih rasio normal dari ukuran gigi dan gusi yang memenuhi estetika. Apabila pasien direkomendasikan untuk melakukan gum lifting, maka hal itu akan bersifat permanen.

Beberapa indikasi seorang pasien direkomendasikan menjalani prosedur gum lifting adalah sebagai berikut:

  1. Erupsi gigi abnormal, yaitu kondisi dimana gigi memiliki panjang yang normal tetapi karena terjadi erupsi abnormal maka gigi tersebut tampak lebih pendek
  2. Erupsi pasif yang berubah, yaitu kondisi dimana gigi dan tulang berada dalam rasio yang normal, tetapi gigi ditutupi oleh jaringan gusi yang berlebihan
  3. Erupsi aktif yang berubah, yaitu kondisi dimana gigi mengalami erupsi dengan benar, tetapi tertutupi oleh banyak tulang dan jaringan gusi
  4. Penonjolan rahang atas, yaitu kondisi dimana saat perkembangan rahang terjadi, tulang menjulur ke dalam jaringan gusi
  5. Super-erupsi gigi depan atas, yaitu kondisi dimana rahang bawah lebih kecil daripada rahang atas, serta gigi atas berposisi lebih rendah karena ditarik oleh jaringan gusi.

Prosedur gum lifting

Sahabat Audy, prosedur gum lifting dapat dikatakan dilakukan secara cepat dan tidak menimbulkan rasa sakit. Dimulai dari area gusi di sekitar gigi depan, dokter spesialis periodonsia akan membentuk kembali daerah gusi yang asimetris dengan menggunakan laser jaringan lunak untuk menutup pembuluh darah dan meminimalisasi terjadinya pendarahan.

Setelah dilakukan perawatan, prosedur gum lifting biasanya tidak menggunakan jahitan dan relatif tidak banyak menimbulkan rasa sakit lho, Sahabat Audy. Pasien dapat langsung makan dan minum secara normal dalam 24 jam pasca operasi dan gusi dapat sembuh sepenuhnya seminggu pasca operasi. Apabila timbul rasa sakit, maka diberikan obat pencegah rasa sakit yang diberikan juga setelah operasi dilakukan.

Untuk memastikan hasil jangka panjang yang terbaik dan permanen, pasien akan disarankan untuk terus mengontrol ke dokter gigi dan mengikuti instruksi dokter terkait kebersihan gigi untuk mencegah infeksi dan resesi gusi. Apabila prosedurnya diikuti, maka hasilnya akan segera terasa dengan senyum kamu yang terlihat sehat dan nyaman secara estetika.

Nah Sahabat Audy, sekarang kamu sudah mengetahui beberapa hal tentang gum lifting. Apabila kamu memiliki kasus spesifik seperti gummy smiles ini, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke klinik Audy Dental karena kamu akan mendapatkan servis terbaik yang sesuai dengan kondisi gigimu. Selain memiliki fasilitas lengkap, Audy Dental juga memiliki dokter spesialis yang pakar serta profesional di bidangnya.

Yuk, datangi klinik Audy Dental terdekat di kotamu ya!