Mudah Dicari Lho! Ini 5 Cara Mengobati Gigi Berlubang Yang Bisa Kamu Gunakan

Hai, Sahabat Audy!

Memiliki gigi yang berlubang pasti akan membuatmu serba nggak nyaman ya, terlebih bila gejalanya sering muncul ketika mengonsumsi makanan tertentu. Ngilu yang terasa pasti akan membuat kepala menjadi sakit dan konsentrasi jadi buyar. Mungkin karena situasi kamu yang sibuk dan belum sempat berkunjung ke dokter gigi, alih-alih merasakan rasa nyeri yang membuat mood kamu jadi nggak bagus seharian, jadi harus melakukan apa ya untuk meredakannya?

Tenang Sahabat Audy, untuk pertolongan pertama dari keadaan kamu yang genting ini ada solusi yang mudah didapatkan dan bisa kamu cari di dapur rumah kamu sendiri. Begini cara mengobati gigi berlubang dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Fluoride

Sahabat Audy, untuk kasus gigi berlubang yang sifatnya masih permulaan alias sangat kecil, bahan fluoride yang terkandung di setiap pasta gigi akan sangat membantu untuk meredakan nyeri yang sifatnya sementara. Bersihkan dulu rongga mulut dengan minimal berkumur-kumur, lalu segera oleskan butiran pasta gigi ke gigi yang berlubang. Rasa dingin mungkin akan segera terasa pada permukaan gigi dan meredakan linunya.

2. Bawang putih

Cara mengobati sakit berlubang dengan menggunakan bahan bumbu masak ini umumnya dapat kamu temui di dapur ya, Sahabat Audy. Ternyata tidak hanya menyedapkan masakan, bawang putih juga bisa berfungsi sebagai antibakteri dan mengurangi rasa nyeri. Siapkan bahan tiga sampat empat siung bawang putih dan ¼ sendok garam, tumbuk bersamaan lalu kemudian oleskan pada gigi yang berlubang. Agar lebih optimal, tunggu sampai sepuluh menit lalu kemudian berkumur dengan obat kumur.

3. Garam

Tidak banyak yang tahu kalau garam juga bisa menjadi obat untuk meredakan nyeri akibat gigi berlubang lho, Sahabat Audy. Seperti halnya kegunaan bawang putih, garam memiliki senyawa yang mengandung antiseptik dan antibakteri. Hal paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat kumuran air garam, caranya adalah larutkan satu sendok teh garam dengan segelas air hangat. Kumur-kumur selama minimal satu menit, dan fokuskan ke area yang terdapat gigi berlubang. Lakukan ini tiga kali sehari sampai rasa nyeri mereda.

4. Kunyit

Cara mengobati gigi berlubang juga bisa dengan bahan herbal seperti kunyit, Sahabat Audy. Kunyit mengandung vitamin C yang memiliki sifat antibakteri sehingga bisa mencegah gigi dari infeksi bakteri. Ambil satu siung kunyit dan tumbuk hingga halus, lalu oleskan ke bagian gigi yang berlubang. Biarkan selama beberapa menit, lalu kumur-kumur dengan air hangat. Mudah kan, Sahabat Audy?

5. Minyak Zaitun

Satu lagi bahan alami yang bisa mengurangi rasa linu di gigi berlubang adalah dengan menggunakan minyak zaitun, Sahabat Audy. Kandungan fenolik dan oleuropein pada minyak zaitun dapat mengurangi bakteri sehingga pertumbuhannya bisa dihambat dan mampu mengurangi sakit pada gigi. Ambil satu sendok makan minyak zaitun, lalu kumurkan selama sekitar 15-20 menit setelah itu buang langsung tanpa menelannya. Akhiri dengan berkumur air hangat lalu menyikat gigi seperti biasanya.

Nah, begitulah Sahabat Audy! Bahan dan cara mengobati sakit gigi di atas bisa jadi hanya pertolongan pertama untuk meredakan nyeri, tetapi ada baiknya Sahabat Audy tetap berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mencari solusi jangka panjang pada kasus gigi berlubang yang dimiliki. Kunjungi langsung klinik Audy Dental terdekat untuk bertemu dengan dokter gigi yang handal dan berpengalaman, serta fasilitas perawatan yang terbaik.

Yuk, periksakan gigimu segera!