Terdapat di Alam, Ini 5 Zat Yang Bisa Menghilangkan Bau Mulut

bau mulut

Hai, Sahabat Audy!

Bau mulut adalah salah satu masalah yang sangat mengganggu keseharian kita semua, biasanya terjadi karena pola makan dan pola hidup kita sendiri. Untuk kamu yang merasa terganggu karena gejala bau mulut, coba cek lagi deh seperti apa pola makanmu; apakah kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki aroma yang tak sedap? Seringkali berlebihan mengonsumsinya memang membuat baunya jadi betah berlama-lama di mulutmu lho.

Juga selain itu perhatikan pola hidup kamu, Sahabat Audy. Jangan-jangan, pola hidupmu belum konsisten menerapkan kebersihan sekaligus perawatan gigi yang standar seperti minimal menyikat gigi dua kali sehari dan menggunakan obat kumur bila perlu. Hati-hati juga dengan kebiasaan lain, seperti merokok. Hal-hal tersebut yang bisa berpotensi menjadi penyebab utama gejala bau mulut itu terjadi, Sahabat Audy.

Dari berbagai sebab itu, ada solusi yang cukup ampuh untuk mengurangi bahkan menghilangkan bau mulut. Terdapat di alam, tentunya bahan yang sifatnya alami ini akan cocok untuk kamu yang menginginkan gejala bau mulut itu dapat diatasi. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

1. Apel (Cuka Apel)

Sahabat Audy, cuka apel atau dikenal dengan istilah Apple Cider Vinegar merupakan jenis olahan fermentasi jus apel yang awalnya mengandung gula kemudian difermentasikan menjadi asam asetat yang mengandung berbagai vitamin, potasium, kalsium, dan magnesium. Memiliki banyak kegunaan, seperti menurunkan kadar gula dalam darah dan mengurangi lemak di bagian tubuh, ternyata cuka apel juga berfungsi untuk menghilangkan bau mulut. Cobalah untuk berkumur dengan campuran cuka apel dan air minimal dua kali sehari, maka rasakan nafasmu yang jadi segar seketika.

2. Arang (Activated Charcoal)

Ada bahan lain yang cukup ampuh juga untuk menghilangkan bau mulut yaitu arang aktif, Sahabat Audy. Zat ini biasanya dihasilkan dari pengolahan tempurung kelapa sawit tua atau dari serbuk kayu, yang diaktifkan dengan merendam zat arang dengan bahan kimia tertentu. Gunakan setengah sendok teh bubuk arang aktif untuk menyikat gigi, lakukan merata dan kumur-kumur sampai bubuknya hilang. Cukup lakukan dua sampai tiga kali seminggu sampai bau mulut hilang. Selain aroma tak sedap hilang, arang aktif ini juga bisa memutihkan gigi kamu lho!

3. Permen Mint (Daun Mint)

Daun mint merupakan tanaman herbal yang sudah terbukti sebagai penyegar nafas. Kamu hanya perlu mencari produk permen mint yang bebas gula dan mulai mengonsumsinya minimal sekali sehari. Selain menghilangkan bau mulut, permen mint juga bisa menjaga air liur yang sehat di mulut dan tenggorokan. Simpel kan, Sahabat Audy?

4. Minyak Kelapa

Bahan yang cukup mudah ditemui ini terbuat dari bahan baku kelapa segar, yang diambil minyaknya dengan proses pemanasan terkendali, Sahabat Audy. Hasil penyulingannya akan memberikan senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh serta memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur. Gunakan satu sendok makan minyak kelapa untuk berkumur selama 5-10 menit lalu ludahkan. Gunakan air hangat untuk membilas sisa minyak sampai bersih. Lakukan minimal setiap hari satu kali sampai aroma bau mulutmu tidak terasa lagi.

5. Jahe

Kalau kamu mau cara menghilangkan bau mulut yang terasa lebih alami, kamu bisa menggunakan satu ruas jahe, Sahabat Audy. Kamu bisa memarut jahe kemudian campurkan dengan air sehingga mendapatkan jahe peras. Kemudian, campurkan ke air hangat dan gunakan untuk berkumur. Lakukan ini satu kali setiap hari setelah makan, hingga aroma tidak sedap itu hilang.

Bagaimana Sahabat Audy, tertarik mencobanya?
Tapi yang paling penting, jaga kesehatan gigi kita sejak dini karena mencegah itu lebih baik dari mengobati. Sehat selalu, Sahabat Audy!