Ternyata, Karet Elastis pada Behel Bukan Sekedar Pemanis!

Ternyata, Karet Elastis pada Behel Bukan Sekedar Pemanis!

Halo, Sahabat Audy!

Karet elastis yang terdapat pada behel merupakan salah satu komponen yang penting dalam perawatan Ortodonti Cekat, lho! Karet elastis ini dipasang pada bracket yang ada di tiap gigi agar bisa memberikan tarikan dengan arahan tertentu pada gigi dan rahang. Fungsi dari karet elastis ini membantu gigi untuk bisa bergerak ke posisi ideal sesuai perencanaan penggunaan behel.

Penggantian karet behel ini perlu dilakukan secara rutin, terutama setiap kontrol. Sebab, karet behel ini mudah sekali melar dan dalam waktu tertentu akan mudah putus. Waktu yang ideal mengganti karet behel sekitar 2 sampai 3 minggu sekali. Apabila karet elastis ini digunakan lebih dari 3 minggu, kelenturannya akan hilang. Tentu saja tidak lagi memiliki kekuatan bahkan mengubah posisi gigi ke arah yang direncanakan.

Apabila tidak rutin diganti, perawatan behel akan lebih lama. Biasanya perawatan behel dilakukan antara 1-3 tahun, tergantung tingkat keparahan kasusnya. Dengan rajin kontrol akan mempercepat pergerakan gigi, sehingga durasi pemakaian behel bisa lebih cepat selesai.

Berikut terdapat jenis-jenis karet elastis untuk behel yang perlu kamu ketahui!

Karet elastis utama

Jenis karet ini memiliki beragam warna dengan ukurang yang seragam. Karet ini yang selalu diganti saat kontrol. Sebab, jika tidak diganti, kekuatannya akan berkurang.

Karet elastis terhubung

Ini merupakan karet rantai dengan warna yang beragam. Berfungsi untuk menutup ruang gigi yang memiliki jarak. Bisa juga berfungsi memindahkan kelompok gigi secara bersamaan.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan behel, usahakan untuk rajin kontrol ke dokter gigi. Lakukan penggantian karet elastis sesuai dengan anjuran dokter gigi.

Apabila kamu berencana memasang behel, kamu bisa datang langsung ke klinik gigi Audy Dental terdekat di kotamu. Di Audy Dental, kamu bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi oleh dokter gigi yang profesional dan dilengkapi oleh fasilitas serta peralatan yang modern dan canggih.

Yuk, segera berkunjung ke klinik Audy Dental sekarang!