Pasang Gigi Palsu Lepasan Jangan Asal! Pahami Seluk Beluknya di Sini

Pasang Gigi Palsu Lepasan Jangan Asal! Pahami Seluk Beluknya di Sini

Gigi palsu lepasan adalah salah satu jenis gigi palsu yang dapat dilepas-pasang, biasanya terbuat dari akrilik, nylon, atau bahkan metal. Gigi palsu ini dibuat dengan menyesuaikan rongga antar gigi—tempat di mana posisi gigi seharusnya berada. Cukup banyak orang yang memutuskan untuk pasang gigi palsu lepasan karena mudah untuk disesuaikan dan proses pemasangannya pun minim rasa sakit.

Tak hanya untuk penampilan, penggunaan gigi palsu memang dibutuhkan untuk menghindari masalah yang bisa terjadi karena rongga itu sendiri. Selain masalah yang dapat timbul saat mengonsumsi makanan atau berbicara, gigi pada sekitar rongga tersebut juga dapat tumbuh secara miring atau bergeser ke arah ruang kosong tersebut. Pasang gigi palsu lepasan menjadi salah satu cara termudah untuk mengatasi hal tersebut.

Apa saja jenis gigi palsu lepasan?

Jika ingin pasang gigi palsu lepasan, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Gigi Spesialis Prostodonti. Dokter gigi akan melihat kondisi gigi tersebut dan menentukan jenis gigi palsu apa yang sesuai dengan kebutuhan. Secara umum, gigi palsu lepasan terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu full denture dan partial denture.

Gigi Palsu Lepasan Lengkap (Full Denture)

Gigi palsu lepasan lengkap digunakan ketika seluruh gigi bagian atas atau bawah perlu dicabut. Biasanya, gigi palsu akan segera dicetak setelah proses pencabutan, namun perlu dipahami bahwa gusi dan tulang kita akan berubah setelah proses penyembuhan. Jadi, ada kemungkinan bahwa gigi palsu kita perlu disesuaikan atau bahkan dibuat ulang setelah gusi dan tulang di sekitarnya sembuh total beberapa bulan setelahnya.

Gigi palsu yang dibuat tepat mengikuti ukuran gusi akan terasa pas dan nyaman saat digunakan. Sementara, gigi palsu lepasan yang masih kurang pas tentu akan menimbulkan perasaan tidak nyaman, bahkan mungkin menimbulkan masalah di kemudian hari.

Pembuatan gigi palsu lepasan yang benar akan memiliki proses penyesuaian sebelum hasil jadinya selesai. Selain memastikan bahwa ukuran dan bentuknya sudah sesuai, biasanya warna gigi juga akan disesuaikan sesuai kebutuhan.

Gigi Palsu Lepasan Sebagian (Partial Denture)

Gigi palsu lepasan sebagian didesain untuk mengisi rongga yang ditinggalkan oleh satu atau beberapa gigi yang tanggal. Jika kita memiliki sebagian gigi yang masih sehat dan berada di lokasi seharusnya, dokter gigi spesialis akan mempertahankan gigi asli tersebut.

Biasanya, set gigi palsu lepasan sebagian ini dibuat dengan bahan plastik, nylon, atau plat metal dengan beberapa gigi palsu terpasang sesuai lokasi rongga bekas gigi tanggal tersebut. Serupa dengan full denture, removable partial denture ini juga cukup mudah untuk dilepas pasang.

Baca juga: Memilih Gigi Palsu Lepasan yang Tepat

Bagaimana cara membiasakan diri setelah pasang gigi palsu lepasan?

Jika melakukan pasang gigi palsu lepasan untuk yang pertama kali, kemungkinan besar akan merasakan ketidaknyamanan setelahnya. Semakin terbiasa, rasa tak nyaman akan perlahan menghilang. Namun, untuk proses pembiasaan diri yang lebih pasti, ada beberapa langkah yang bisa diikuti di bawah ini:

  • Patuh instruksi perawatan setelah operasi. Pastikan untuk mengikuti setiap tahapannya dengan tepat agar gusi dapat sembuh dengan benar, hindari untuk terlalu sering melepas gigi palsu lepasan agar kita semakin cepat terbiasa.
  • Selama beberapa hari pertama, konsumsi makanan lembut untuk menghindari munculnya rasa sakit berlebih.
  • Lakukan peregangan wajah dan latihan berbicara untuk menghindari timbulnya masalah bicara. Hal lain, juga bisa berlatih dengan metode bernyanyi, lho.
  • Bersihkan gigi palsu dan gusi secara berkala untuk mencegah tumbuh kembang bakteri dan bau napas.

Baca juga: Memasang Gigi Palsu, Bahaya atau Tidak?

Bagaimana cara merawat gigi palsu lepasan?

Sudah bukan rahasia lagi, mulut adalah salah satu tempat dalam tubuh yang penuh dengan bakteri. Oleh karena itu, gigi dan mulut kita harus selalu dibersihkan menyeluruh secara berkala, termasuk juga gigi palsu yang kita gunakan.

  • Sikatlah gigi palsu menggunakan pasta gigi atau sabun sebelum merendamnya untuk membersihkan sisa makanan yang menempel.
  • Direkomendasikan untuk melepas gigi palsu saat tidur untuk memberikan waktu istirahat bagi gusi kita.
  • Merendam gigi palsu lepasan semalaman dapat mencegahnya jadi cepat kering. Namun, pastikan untuk membilasnya dengan air mengalir sebelum memakainya kembali, ya.
  • Gunakanlah cairan pembersih untuk pembersihan yang lebih spesifik sesuai jenis dan material gigi palsu lepasan.
  • Merawat gigi palsu dengan hati-hati akan memperpanjang masa penggunaannya. Hindari membengkokkan atau bahkan merusak kaitan gigi palsu saat membersihkannya.

Tergantung jenis dan materialnya, cara membersihkan gigi palsu pun bisa berbeda. Untuk proses pembersihan yang tepat dan menyeluruh, pastikan untuk bertanya tentang gigi palsu yang kamu miliki kepada Dokter Gigi Spesialis Prostodonti, dokter spesialis untuk memasang gigi palsu, ya!

Selain cara membersihkan dan cara pasang gigi palsu lepasan, Dokter Gigi Spesialis Prostodonti juga akan menjelaskan lebih spesifik mengenai jenis asupan yang sebaiknya dihindari. Seperti di antaranya makanan dengan tekstur yang keras dan kenyal atau minuman yang terlalu panas karena dapat mengubah bentuk, atau bahkan merusak material gigi palsu lepasan tersebut.

Berapa biaya pasang gigi palsu lepasan?

Biaya pemasangan gigi palsu lepasan cukup bervariasi sesuai jenis dan tindakan yang dibutuhkan. Namun, hal yang perlu dipastikan adalah kualitas dari pemasangan hingga material gigi palsu itu sendiri.

Jika memiliki kebutuhan untuk pasang gigi palsu lepasan, coba untuk segera konsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Gigi Spesialis Prostodonti di klinik AUDY Dental. Selain pelayanan dan keamanan yang terjaga, segala kekhawatiran dan pertanyaan akan dijawab dengan solusi tepat dari para dokter.

Baca juga: Mengenal Prosthodonti, Dokter Spesialis Untuk Memasang Gigi Palsu