Serba Serbi Pemasangan dan Harga Veneer Gigi di Klinik Dokter Gigi Spesialis

Harga Veneer Gigi

Sebagian besar orang mengenal Veneer Gigi sebagai prosedur pemutihan gigi, namun alih-alih memutihkan, Veneer Gigi adalah benda atau lapisan yang direkatkan pada bagian depan gigi untuk memperbaiki penampilan. Karena kerap digunakan oleh para selebritas dan public figure yang memiliki kebutuhan untuk menjaga penampilan, harga Veneer Gigi sendiri sering dianggap mahal. Namun sebenarnya harga Veneer Gigi bisa disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan.

Apa itu Veneer Gigi?

Veneer Gigi adalah lapisan gigi tiruan yang ditempel di bagian depan gigi. Lapisan tiruan yang serupa cangkang ini memiliki bentuk gigi yang ideal sehingga digunakan untuk menutupi kekurangan pada gigi, seperti warna, ukuran, hingga bentuk gigi yang kerap dianggap tidak rapi atau tidak sesuai dengan keinginan pasien.

Veneer Gigi memang memiliki tujuan utama estetika, namun perlu dipahami bahwa tindakan pemasangannya termasuk ke dalam prosedur medis yang memerlukan ketrampilan dan ketelitian yang tinggi. Karena itu, pengerjaan pemasangan Veneer Gigi hanya bisa dilakukan oleh Dokter Gigi Spesialis yang ahli di bidang estetik.

Pemasangan yang tidak tepat sesuai kondisi gigi dan mulut pasien dapat berisiko menimbulkan kerusakan gigi dan gusi lebih jauh. Karena itu, hindari memasang Veneer Gigi dengan selain Dokter Gigi Spesialis, ya!

Apa saja jenis Veneer Gigi?

Saat ini, Veneer Gigi terbagi menjadi dua jenis, yaitu Veneer Direct dan Veneer Porcelain. 

1. Veneer Direct

Veneer Direct adalah salah satu pilihan jenis Veneer yang instan. Pemasangannya dapat dilakukan hanya dalam satu kali kunjungan dengan durasi 90 menit saja. Terbuat dari bahan material dental composite dengan pilihan warna bervariasi mulai dari natural hingga super white.

Proses pemasangannya sendiri mirip dengan penambalan gigi, namun alih-alih lubang, bahan resin composite dipasang pada enamel atau lapisan terluar gigi. Sesuai namanya, Dokter Gigi Spesialis akan membentuk resin composite di permukaan gigi secara langsung. Hal ini memungkinkan para Dokter Gigi Spesialis untuk menyesuaikan bentuk dan warna alami gigi.

Meski bentuk dan hasil warnanya tak sebagus Veneer Porcelain atau Indirect, harga Veneer Gigi Direct cenderung lebih murah. Veneer jenis ini mampu bertahan selama 2-5 tahun dalam pemakaian normal.

2. Veneer Porcelain (Veneer Indirect)

Veneer Porcelain adalah jenis Veneer yang lebih banyak diminati para pasien berkat tampilan yang lebih menyerupai gigi asli dan daya tahan yang lebih lama. Veneer Porcelain atau Veneer Indirect ini dibuat di laboratorium. Karena itulah pemasangan Veneer ini dilakukan dalam dua kali kunjungan dengan jeda sekitar dua minggu.

Meski memiliki masa tunggu yang lebih lama dari Veneer Direct, Veneer Porcelain memiliki warna yang lebih stabil. Material dasar porselen pada Veneer Gigi ini juga mampu bertahan hingga belasan tahun. Harga Veneer Gigi Porcelain memang lebih mahal, namun sesuai dengan daya tahan yang lebih lama dan tampilan estetika yang lebih menarik.

Baca juga: Mengenal Komposit dan Porcelain, Bahan Terbaik Untuk Veneer Gigi

Apa manfaat penggunaan Veneer Gigi?

Tujuan utama dari pemakaian Veneer Gigi memang meningkatkan penampilan, namun Veneer Gigi juga digunakan untuk mengatasi berbagai masalah gigi. Menurut situs berikut beberapa manfaat Veneer Gigi adalah:

  • Diskolorasi gigi akut yang tak bisa diatasi dengan pemutihan gigi
  • Rongga antar gigi tidak seragam
  • Gigi patah atau retak
  • Gigi lebih kecil dari gigi sekitar
  • Bentuk gigi abnormal
  • Malposisi gigi ringan

Apa yang harus dipersiapkan sebelum proses pasang Veneer Gigi?

Pertama, penting untuk mencari tahu harga Veneer Gigi di klinik Dokter Gigi Spesialis AUDY Dental yang sesuai dengan budget. Jika sudah sesuai, kita bisa langsung berkonsultasi dengan Dokter Gigi Spesialis untuk pemasangannya.

Sebelum memasang Veneer Gigi, Dokter Gigi Spesialis akan melakukan pemeriksaan lengkap dan bila perlu disertai dengan foto Rontgen Panoramik untuk melihat kondisi kesehatan gigi dan mulut terlebih dahulu. Hal ini penting untuk memastikan tidak ada masalah seperti pendarahan gigi, radang gusi, penyakit akar, hingga gigi berlubang.

Jika ditemukan masalah pada gigi dan mulut pasien, maka Dokter Gigi Spesialis akan melakukan perawatan terlebih dahulu. Begitupun jika pasien memiliki gigi yang tidak rata, maka Dokter Gigi Spesialis akan melakukan pemasangan kawat gigi untuk merapikan posisi gigi tersebut. Semua dilakukan agar Veneer Gigi yang akan dipasang dapat tampil serupa dengan gigi lainnya.

Dalam tahapan ini, penting untuk memilih warna Veneer Gigi yang tepat dan benar-benar sesuai dengan keinginan Anda. Pasalnya, warna Veneer Gigi tidak bisa diubah jika sudah terpasang pada gigi kita.

Bagaimana prosedur pemasangan Veneer Gigi?

Meski biasanya Veneer Gigi digunakan untuk tampilan gigi yang lebih putih, namun tentu kita ingin hasil pemasangannya terlihat natural. Untuk itu, Dokter Gigi Spesialis akan terlebih dulu menyesuaikan ukuran, bentuk, hingga warna gigi dengan Veneer Gigi yang diinginkan dan direkomendasikan untuk pasien.

Jika semua sudah sesuai, Dokter Gigi Spesialis akan membersihkan permukaan gigi. Biasanya, akan dilakukan penggerusan lapisan enamel agar Veneer Gigi dapat menempel dengan lebih mudah dan tahan lebih lama. Setelah itu, Dokter Gigi Spesialis akan menempelkan Veneer pada gigi menggunakan bahan khusus.

Proses pemasangannya sendiri tak memakan waktu lama, namun perlu waktu untuk memastikan zatbahan perekat tersebut sudah kering dengan baik. Setelah Veneer Gigi telah merekat dengan baik, Dokter Gigi Spesialis akan melakukan pembersihan akhir dan menguji kemampuan menggigit pasien. Kemudian, Dokter Gigi Spesialis akan memberikan jadwal kontrol untuk pengecekan Veneer Gigi setelah pemakaian sehari-hari.

Apa yang harus dilakukan setelah pasang Veneer Gigi?

Jika dibandingkan dengan prosedur medis gigi dan mulut lainnya, pemasangan Veneer Gigi memiliki masa pemulihan yang termasuk cepat. Sebagian besar pasien bisa beraktifitas makan dan minum dengan normal segera setelah prosedur pemasangan selesai.

Sebagian kecil biasanya belum terbiasa dengan residu bahan perekat yang masih menempel di sekitar gigi. Residu tersebut akan hilang dengan sendirinya, namun jika residu tersebut bertahan hingga berhari hari, pasien bisa mengunjungi Dokter dan meminta pembersihan lebih menyeluruh.

Sesuai harga Veneer Gigi masing-masing, Veneer Porcelain memiliki daya tahan lebih lama dari Veneer direct. Namun secara umum, Veneer Gigi dapat bertahan selama beberapa tahun. Untuk menjaga ketahanannya, pasien bisa melakukan beberapa langkah perawatan di bawah ini:

  • Hindari membuka kemasan dengan menggunakan gigi
  • Hindari mengunyah es batu atau makanan keras lainnya
  • Hindari mengkonsumsi makanan lengket
  • Hindari mengunyah makanan dengan gigi depan
  • Hindari dan hentikan kebiasaan mengigit kuku atau benda yang bukan makanan
  • Biasakan menyikat gigi dengan benar, bersih, berkala, dan menyeluruh
  • Gunakan dental floss setelah menyikat gigi
  • Bersihkan mulut dengan mouthwash secara berkala
  • Lindungi gigi dengan pelindung mulut saat berolahraga

Baca juga: Ingin Veneer Gigimu Selalu Terawat? Ketahui Dulu Cara Merawat Veneer Gigi Ini!

Berapa harga Veneer Gigi?

Harga Veneer Gigi berbeda sesuai jenis material Veneer yang akan dipilih. Harga Veneer Gigi Indirect atau Porcelain terasa lebih mahal di awal, namun ketahanan yang lebih lama membuatnya bisa jadi pilihan hemat yang lebih baik. Namun jika Sahabat AUDY membutuhkan pemasangan lebih cepat dengan harga Veneer Gigi yang lebih terjangkau, maka Veneer Gigi Direct dengan material resin composite juga pilihan yang cukup baik.

Untuk mengetahui harga lebih mendetail serta tindakan persiapan yang perlu dilakukan sesuai dengan kondisi gigi kita, Sahabat AUDY bisa langsung mengunjungi klinik Dokter Gigi Spesialis AUDY Dental terdekat. Tersedia layanan pemasangan Veneer Gigi dengan Dokter Gigi Spesialis yang tentunya sudah ahli di bidangnya. Tak hanya itu, Sahabat AUDY juga berkesempatan untuk konsultasi lengkap mengenai masalah gigi dan mulut lain yang mungkin tengah dialami.

Tak perlu ragu lagi, yuk pilih jenis Veneer Gigi favorit Anda dan segera buat janji konsultasi pemasangan dengan para Dokter Gigi Spesialis di klinik Dokter Gigi Spesialis terbesar di Indonesia, AUDY Dental. Sampai jumpa di klinik, ya!

Baca juga: Agar Gigi Kembali Putih, Ini 5 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Veneer Gigi