Perawatan Gigi Anak Sesuai Usia yang Wajib Orangtua Ketahui

Perawatan Gigi Anak Sesuai Usia yang Wajib Orangtua Ketahui

Gigi berlubang merupakan masalah umum yang dialami oleh anak-anak. Selain rasa sakit, kondisi ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan saat makan, berbicara, bermain dan belajar. Jika si kecil mengalaminya, bisa-bisa ia harus bolos sekolah dan ketinggalan pelajaran, lho.

Kabar baiknya, kondisi ini dapat dicegah melalui banyak cara. Salah satunya dengan menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride. Selain itu, beberapa perawatan gigi anak berikut ini dapat kamu terapkan supaya gigi anak sehat dan kuat.

Jenis Perawatan Gigi Anak

Berikut berbagai perawatan gigi anak sesuai dengan usia anak:

Perawatan Gigi Anak Usia 0-6 bulan

Perawatan gigi anak yang baik dapat dimulai sebelum gigi pertamanya saat bayi muncul. Hanya karena Bunda tidak melihat giginya, bukan berarti tidak ada. Gigi anak sebenarnya mulai terbentuk sejak trimester kedua kehamilan. Beberapa perawatan gig dan muluti anak saat bayi berikut bisa Bunda lakukan:

  • Bersihkan gusi dan lidah dengan waslap dan air bersih untuk membersihkan dari sisa air susu yang mungkin masih ada di sekitar gusi dan lidahnya.
  • Jika gigi bayi sudah tumbuh, sikat gigi bayi menggunakan air dan sedikit pasta gigi berfluoride.

Memasuki usia 6 bulan, ganti botol dot bayi dengan cangkir yang bersedotan (sippy cup). Hal ini membantu mencegah cairan menggenang di sekitar gigi. Selain itu, cara ini juga dapat meningkatkan keterampilan motorik dan koordinasi anak, lho.

BACA JUGA: Mitos dan Fakta Seputar Pertumbuhan Gigi Anak

Perawatan Gigi Anak 6 Bulan ke Atas

Setelah anak menginjak usia 6 bulan ke atas, berikut ini perawatan gigi anak yang sebaiknya Bunda lakukan:

  • Sikat gigi rutin

Memulai kebiasaan yang baik bisa dimulai sejak dini. Meskipun anak usia 6 bulan belum mengerti tujuan sikat gigi, tetapi mulai membiasakan sikat gigi dua kali sehari dapat membangun kebiasaannya. Hal ini diharapkan anak dapat menerapkannya hingga ia besar nanti.

  • Sikat gigi menggunakan pasta gigi fluoride

Sikat gigi menggunakan pasta gigi berfluoride sangatlah penting. Pasalnya, fluoride merupakan bahan utama yang melapisi lapisan terluar gigi. Fluoride dapat membuat gigi semakin kuat dan bakteri pun akan sulit menembusnya. 

Apabila gigi anak mudah keropos karena penggunaan fluoride yang kurang, Bunda dapat meminta perawatan fluoride kepada dokter gigi anak.

  • Membatasi beberapa jenis makanan

Anak mana yang tidak suka permen atau makanan manis lainnya? Sayangnya, di balik manisnya permen dan makanan manis, ada bahaya yang mengintai, apalagi jika dikonsumsi berlebihan. Makanan manis, jus, permen, dapat mengikis email dan menyebabkan gigi berlubang. Jika anak sudah mengonsumsi makanan ini, ajak anak untuk menyikat gigi untuk menghilangkan gula dalam mulutnya.

BACA JUGA: Tanda-tanda Gigi Anak Perlu Dicek ke Dokter Gigi

  • Konsultasi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali

Perawatan gigi anak di atas tidaklah cukup. Konsultasi ke dokter gigi bisa dimulai sejak usia 1 tahun atau kurang. Bunda dan Ayah dapat mengajak si kecil konsultasi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Hal ini penting untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi agar si kecil terbebas dari masalah mulut, seperti gigi berlubang.

Faktor Risiko Gigi Berlubang

Perlu diketahui bahwa gigi berlubang bukan hanya didapat dari kebiasaan buruk saja. Anak akan lebih mudah terkena gigi berlubang apabila:

  • Terdapat anggota keluarga, kakak, adik, atau orangtua yang juga memiliki gigi berlubang.
  • Terlalu banyak makan dan minum manis, seperti soda, permen, jus, dan kue.
  • Anak memakai kawat gigi.
  • Anak memiliki kebutuhan perawatan kesehatan khusus.

Apabila anak memiliki salah satu atau lebih faktor di atas, beri tahu dokter gigi spesialis anak untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

BACA JUGA: Kondisi Gigi Anak yang Perlu Dicek oleh Dokter Gigi Spesialis Anak

AUDY Dental, Dokter Gigi Anak Terpercaya dan Terlengkap

Percayakan berbagai perawatan gigi anak kepada AUDY Dental terdekat di kotamu, yuk! Di AUDY Dental, kamu bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi oleh dokter gigi spesialis yang profesional dan dilengkapi oleh fasilitas serta peralatan yang modern dan canggih.

Yuk, segera berkunjung ke klinik AUDY Dental sekarang!