Blog Detail

Banyak Jenisnya, Berikut Daftar Harga Kawat Gigi Yang Kamu Cari

Hai, Sahabat Audy!

Untuk kamu yang berminat untuk memasang kawat gigi, tentunya sedang mencari banyak informasi tentang daftar harga kawat gigi. Meskipun banyak jenisnya, kamu juga mesti tahu bentuk dan spesifikasi apa yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Nggak bisa sembarangan lho, untuk mengetahuinya Sahabat Audy mesti berkonsultasi dulu dengan dokter gigi spesialis orthodonti. Tapi tenang saja, setidaknya kamu punya bayangan harus menginvestasikan biaya berapa dengan melihat daftar harga kawat gigi di bawah ini. Yuk, simak detailnya ya!

Berapa biaya memasang kawat gigi?

Sebelum melihat ke daftar harganya, ada baiknya Sahabat Audy mengetahui dulu bahwa bentuk perawatan gigi seperti memasang kawat gigi membutuhkan proses yang panjang, tergantung pada masalah yang dialami oleh pasien itu sendiri. Selain itu, kawat gigi juga memiliki berbagai jenis yang bisa dibedakan dari segi material, bentuk, cara pemasangan, hingga biaya pemasangannya. 

Adapun berdasarkan segi penggunaan, kawat gigi gigi dibedakan lagi menjadi dua yaitu kawat gigi permanen dan kawat gigi lepas pasang. Untuk kawat gigi permanen, tentunya akan dipasang satu kali lalu kemudian dapat dilepaskan setelah gigi sudah rapi. Sedangkan kawat gigi lepas pasang, memungkinkan Sahabat Audy bisa dilepas pada saat-saat tertentu.

Rekomendasi terbaiknya ada pada ulasan di bawah ini ya, Sahabat Audy.

A. Kawat Gigi Permanen

Jenis kawat gigi yang pertama adalah kawat gigi metal atau sering disebut sebagai traditional braces.  Berdasarkan macam-macam kawat gigi, jenis yang satu ini adalah kawat gigi yang paling sering digunakan. Kawat gigi ini juga terbuat dari bahan antikarat berkualitas tinggi dengan aplikasi braket metal yang tersusun di setiap gigi.

Beberapa merk kawat gigi metal yang bisa dipilih diantaranya Ortho Classic (USA), Praxis Mini (USA), Mini Master American Ortho (USA), dan Mini Diamond 3M. Untuk kisaran harganya, kawat gigi metal memiliki harga antara Rp 8,5 juta – Rp11,5 juta.

Kawat gigi Estetis atau dikenal juga sebagai ceramic braces adalah kawat  dan braket yang memiliki warna seperti warna gigi. Bentuk dan cara kerjanya masih sama seperti kawat gigi metal. Kelebihan kawat gigi estetis adalah model yang lebih trendy jika dibandingkan dengan kawat gigi metal yang sangat terlihat. Beberapa merk kawat gigi estetis yang bisa dipilih diantaranya adalah Pure Sapphire dan Inspire Ice, dengan kisaran harganya berada diantara Rp14,5 juta – Rp16,5 juta.

Kawat gigi self-ligating adalah kawat gigi yang dilengkapi dengan klip yang mengunci posisi kawat di gigi. Kawat beserta braketnya tersedia dalam bahan metal maupun keramik.  Kelebihan kawat gigi self-ligating dibandingkan dengan macam-macam kawat gigi lainnya adalah dilihat dari cara kerja yang lebih baik. Selain itu kawat gigi jenis ini juga tidak mengharuskan kamu untuk kontrol ke dokter gigi sesering pengguna kawat gigi tradisional. Beberapa merk kawat gigi self ligating yang bisa dipilih diantaranya adalah Empower Clippy Metal dan Damon Metal, dengan kisaran harganya berada diantara Rp 18,5 juta – Rp34,5 juta.

Bahan yang digunakan untuk kawat gigi lingual sama seperti kawat gigi metal. Perbedaannya adalah kawat gigi lingual dipasang di bagian belakang gigi. Bracket untuk kawat gigi lingual ini dibuat custom menyesuaikan dengan struktur belakang gigi yang lebih tidak beraturan.

Kelebihan dari kawat gigi lingual adalah posisinya yang berada di belakang sehingga membuat kawat gigi beserta bracket menjadi tidak terlihat. Beberapa merk kawat gigi lingual yang bisa dipilih diantaranya adalah Clippy Lingual Braces dan Incognito Braces. Untuk kisaran harganya, kawat gigi lingual memiliki harga antara Rp36 juta – Rp99 juta.

B. Kawat Gigi Lepas Pasang

Kawat gigi lepas pasang yang pertama adalah invasalign. Invasalign adalah jenis kawat gigi berbentuk seperti cetakan gigi dengan warna transparan. Cetakan tersebut akan membantu menggeser posisi gigi sesuai dengan yang diinginkan. Cetakan akan diganti setiap dua minggu sekali, setiap cetakan akan memberikan satu langkah menuju gigi yang lebih rapi. 

Kelebihan dari kawat lepas pasang ini adalah kamu bisa melepasnya ketika makan, minum, dan juga menyikat gigi selain itu bentuk yang transparan tidak akan membuat penampilan menjadi terganggu. Invisalign ini harganya berada di kisaran Rp65 juta – Rp75 juta.

  • Behel Lepasan

Behel menggunakan bahan metal dengan plat akrilik yang dipasang di bagian langit-langit pada rahang atas dan gusi belakang gigi pada rahang bawah. Jenis behel ini hanya digunakan untuk kasus-kasus yang ringan. Pemasangannya pun harus sesuai dengan rekomendasi dokter gigi, bukan secara bebas bisa dibeli di pasaran lalu dipasang sendiri. Alat ini biasanya efektif pada anak-anak dalam masa persiapan pertumbuhan gigi tetap untuk mencari ruangan atau mempertahankan ruang untuk tumbuh gigi permanennya. Biaya perawatan dengan behel lepasan berkisar antara Rp 3-4 juta.

  • Retainer

Tugas retainer adalah untuk menjaga agar gigi tetap rapi pada posisi yang diinginkan setelah kawat gigi permanen dilepas. Tanpa penggunaan retainer, ada kemungkinan gigi akan kembali ke posisi semula sebelum kamu memasang kawat gigi. Retainer juga seringkali digunakan pada anak, tujuannya adalah untuk perawatan gigi ringan hingga mencegah gingsul. Retariner ini harganya berada di kisaran Rp 2-3 juta.

Nah, agar sesuai dengan kebutuhan Sahabat Audy, lebih baik langsung dikonsultasikan dengan dokter gigi ahli dengan berkunjung ke klinik Audy Dental terdekat di kotamu. Yuk, berkunjung ke Audy Dental!

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.