Harga Pasang Gigi Palsu

prosedur implan gigi

Harga Pasang Gigi Palsu

Dear sahabat Audy,

Jika Kamu telah memutuskan untuk memasang gigi palsu, kamu mungkin perlu memikirkan mengenai kapan dan di mana mendapatkan perawatan, dan berapa harganya. Harga gigi palsu tergantung pada berbagai hal, seperti perawatan apa yang Kamu perlukan, terbuat dari bahan apa gigi palsu yang kamu pilih, dan di mana Kamu akan mendapatkan perawatan tersebut.

Gigi palsu dapat terbuat dari bahan yang berbeda berdasarkan jenis yang Kamu inginkan. Tergantung pada apakah gigi palsu lengkap atau hanya sebagian gigi (parsial) yang dilepas, jenis gigi palsu yang cocok untuk Kamu juga bervariasi, demikian pula harganya. Dasar dari gigi palsu biasanya terbuat dari akrilik kaku, yang dibentuk dari cetakan lekuk mulut Kamu yang diambil ketika mengunjungi dokter gigi. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar Kamu dapat menggunakan gigi palsu Kamu dengan pas dan nyaman.

1. Gigi Palsu Lengkap

gigi palsu lengkap

Gigi palsu jenis ini digunakan jika semua gigi Kamu hilang. Gigi palsu lengkap ada yang dapat dibuat ‘segera’ dan dipasang setelah gigi Kamu dicabut. Karena pembuatannya yang cepat, gigi palsu ini memerlukan penyesuaian lebih lama di mulut karena gusi dan tulang di bawah gigi yang sudah dicabut biasanya akan mengecil. Maka biasanya gigi ini hanya dijadikan solusi sementara. Tapi ada pula yang pemasangannya harus menunggu dua hingga tiga bulan pasca mencabut gigi atau setelah jaringan gusi sembuh. Jenis ini dinamakan gigi palsu lengkap ‘konvensional’ dan bisa  dipasang untuk menggantikan pemakaian gigi palsu lengkap ‘segera’. Gigi pada gigi palsu biasanya terbuat dari plastik atau akrilik. Kamu mungkin lebih menyukai yang terbuat dari porselen, meskipun biayanya bisa jadi lebih mahal.

2. Gigi Palsu Parsial

gigi palsu parsial valplast

Jenis ini bisa disebut gigi palsu satuan. Kamu bisa menggunakan gigi palsu ini jika Kamu hanya kehilangan satu gigi atau lebih. Gigi palsu ini biasanya terdiri dari gigi pengganti yang melekat pada dasar plastik berwarna merah muda (menyerupai gusi).. Gigi palsu parsial terbuat dari campuran akrilik dan sedikit logam, yang berguna untuk membantu menjepitnya dengan pas di dalam mulut Kamu. Beberapa gigi palsu parsial terbuat dari bahan dasar jenis termoplastik yang lebih lentur –seperti nilon– yang mungkin juga lebih mahal dari segi biaya, namun dapat terlihat dan terasa lebih alami.

Umumnya, biaya total gigi palsu Kamu tergantung pada beberapa faktor: tingkat kesulitan pembuatan gigi palsu, jenis gigi palsu yang Kamu pilih untuk dipasang serta biaya dokter gigi yang memberikan layanan. Untuk memastikan Kamu mendapatkan gigi palsu yang tepat, pastikan untuk melakukan pemasangan di dokter gigi dan jangan pernah tergiur dengah harga yang murah namun tidak dilakukan oleh para profesional seperti tukang gigi. Sebelum pemasangan, biasanya dokter gigi akan menyarankan rencana dan jenis gigi palsu tergantung pada anggaran kamu, karena beberapa pilihan memiliki biaya yang lebih besar daripada yang lain.

Nah, untuk kamu yang berminat untuk memakai gigi palsu, kamu bisa menghubungi Audy Dental, karena di Audy Dental, kamu bisa mendapatkan perawatan yang terjamin dari para dokter ahli gigi dan juga harga pemasangan gigi palsu yang terjangkau.

Baca juga:

Jenis Tambal Gigi

Tips Membawa Anak ke Dokter Gigi