Harga Pembersihan Karang Gigi

prosedur implan gigi

Harga Pembersihan Karang Gigi

Dear sahabat Audy,

Karang gigi adalah salah satu masalah gigi yang sering kali disepelekan oleh banyak orang. Padahal, jika masalah ini tidak mendapatkan penanganan yang serius dampak lanjutannya adalah terganggunya kesehatan rongga mulut. Oleh karena itulah, pembersihan karang gigi adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan. Sebelum melakukan pembersihan karang gigi, perlu Anda ketahui bahwa karang gigi adalah sebuah kondisi di mana lapisan seperti kotoran yang terletak di gigi sulit dihilangkan meski telah disikat. Karang gigi terbentuk dari plak gigi yang terbentuk dalam waktu yang lama.

plak gigi pembentuk karang gigi
Gambar: Plak pada gigi pembentuk karang gigi

Plak terdiri dari 70% bakteri yang berasal dari air liur. Plak dapat terbentuk segera setelah Anda selesai menyikat gigi. Dalam waktu 48 jam setelah pembentukannya, plak mulai mengeras oleh kalsium, fosfor, dan mineral lainnya dari air liur, yang kemudian membentuk karang gigi. Lantas, bagaimana cara membersihkan karang gigi? Pada dasarnya pembersihan gigi harus dilakukan oleh dokter gigi. Cara bersihkan karang gigi yang dilakukan dokter biasanya mengikuti anatomi gigi.

Gerakan alat untuk membersihkan karang gigi pun tidak sembarangan. Jika dilakukan tidak sesuai prosedur bisa melukai gusi dan membuat email gigi menjadi tipis. Membersihkan karang gigi ke dokter langkah yang terbaik

Pembersihan Karang Gigi dengan Scalling

Scaling adalah sebuah prosedur membersihkan karang gigi yang terdapat di bagian putih gigi, khususnya dibagian antara gigi dan gusi. Banyak orang awam berpendapat bahwa menghilangkan plak gigi dan karang gigi dapat diatasi dengan bahan-bahan alami seperti cengkeh dan biji asam kawak.

Padahal, hal itu tidaklah tepat karena bahan-bahan tersebut hanya hanya bersifat sebagai antiseptik dalam rongga mulut. Dokter gigi akan menggunakan alat khusus untuk membersihkan karang gigi yaitu scaler. Ada 3 macam scaler yaitu manual, supersonik dan ultrasonik. Alat untuk membersihkan karang gigi yang sedang populer saat ini adalah scaler ultrasonik. Alat ini diklaim lebih cepat, mudah, dan meminimalisasi rasa nyeri saat pembersihan karang gigi.

scalling gigi

Beberapa kondisi tertentu membuat seseorang berisiko tinggi untuk mengalami infeksi parah. Selain itu, asupan antibiotik sebelum atau sesudah proses scaling dibutuhkan pada mereka yang pernah memiliki kekebalan tubuh yang lemah dan pernah menjalani operasi katup jantung atau penggantian sendi. Proses polish (memoles gigi) mungkin diperlukan untuk meningkatkan kebersihan gigi.  Polish dilakukan untuk menghapus noda yang dihasilkan oleh karang gigi. Proses ini mungkin perlu dilakukan lebih dari satu kali jika karang dan plak gigi sudah menumpuk.

Jika memikirkan tentang biaya membersihkan karang gigi tentu banyak yang berpikir bahwa harganya akan mahal. Kisaran biaya yang dipatok oleh dokter gigi untuk membersihkan karang gigi cenderung berbeda-beda. Rata-rata biayanya adalah Rp 300.000 hingga Rp 1.000.000. Biaya tersebut tergantung dari lokasi tempat praktik dokter gigi tersebut dan tingkat kesulitan tindakannya. Jika lokasinya di kota dengan peralatan serba canggih serta dokternya pun sangat ahli, tentu akan semakin mahal harganya. Pada umumnya orang-orang yang datang ke dokter gigi dari kalangan menengah ke atas.

Terkadang para pasien cenderung lebih mempercayakan penanganan tersebut pada dokter gigi yang telah diketahui keahliannya. Meskipun biayanya tergolong mahal, namun tetap menjadi menjadi salah satu pilihan masyarakat. Pastikan dokter gigi pilihan kamu sudah memiliki jam terbang yang layak untuk didatangi. Dengan biaya tersebut tentu kamu ingin perawatan yang lebih maksimal dan tidak merugikan untuk kantongmu, seperti di Audy Dental yang bisa menjadi tempat terpecaya untuk membersihkan karang gigi dengan harga yang terjangkau dan fasilitas yang lengkap.

Baca juga:

Harga Pasang Gigi Palsu

Jenis Tambal Gigi