Bervariasi, Ini Harga Pasang Gigi Palsu Yang Kamu Butuhkan!

implan gigi dengan harga premium

Halo, Sahabat Audy!

Dari berbagai macam jenis perawatan gigi, pastinya ada ragam variasi yang bisa kamu pertimbangkan terutama soal harganya. Nah, apakah nanti sejumlah biaya yang Sahabat Audy investasikan itu akan sesuai dengan manfaat yang didapatkan? Jawabannya tentu dimulai dari mengenali dulu produk yang kamu perlukan ya.

Ada beberapa jenis gigi palsu yang memiliki banyak tipe dan fungsi, berserta harga pasang gigi palsu yang akan jadi informasi berharga buat kamu. Simak ulasannya di bawah ini ya!

Implan Gigi (Dental Implant)

Implan gigi merupakan sebuah proses dari pemasangan sekrup titanium yang ditanam pada rahang gigi untuk menjadi penyangga gigi pengganti, yang juga memiliki fungsi yang sama seperti akar gigi. Pemilihan bahan titanium untuk proses implan gigi karena ketahanan dan kekuatannya kurang lebih sama seperti baja tetapi hanya memiliki 60% berat dari baja.

Proses implan dapat dilakukan baik di tulang rahang atas maupun rahang bawah yang nantinya akan beradaptasi dan menyatu dengan tulang rahang seperti gigi yang normal. Adapun perbedaan mendasarnya dengan proses pemasangan gigi palsu yakni pada sekrup titanium yang ditanam pada rahang tersebut. Dengan menggunakan bantuan sekrup, maka gigi yang ditanam dapat memberikan hasil yang cukup natural karena memiliki tumpuan sehingga lebih stabil saat digunakan.

Nah Sahabat Audy, harga pasang gigi palsu bertipe implan ini memiliki kisaran harga sekitar Rp 15juta -Rp 17 juta dengan beberapa servis seperti biaya konsultasi, biaya pencetakan crown (metal/porcelain), biaya pemasangan crown, beserta biaya kontrol perawatan. Adapun untuk dua jenis pilihan implan yaitu bahan metal porcelain memiliki harga berkisar antara Rp 3juta, sedangkan untuk bahan all porcelain/zirconia harganya berkisar antara Rp 4juta.

Gigi Tiruan Jembatan (Dental Bridge)

Gigi tiruan bridge merupakan ‘jembatan’ yang mengisi kekosongan dari gigi yang hilang, bisa ditopang oleh gigi alami atau gigi palsu yang berbentuk dua buah mahkota yang dipasang pada kawat besi dan diletakkan pada kedua gigi pada ujung bagian gigi yang kosong. Adapun dua gigi lainnya yang digunakan sebagai penopang dental bridge disebut juga sebagai “gigi perbatasan”. Nah Sahabat Audy, jembatan tersebut kemudian dipasangkan gigi palsu yang disebut sebagai pontics. Gigi palsu tersebut dapat terbuat dair berbagai bahan yang berbeda, diantaranya adalah porselen, emas, logam, atau campuran dari material-material tersebut.

gigi tiruan bridge

Ada tiga jenis dental bridge yang umum ditemui, yaitu:

  1. Dental Bridge tradisional, yaitu jenis dental bridge yang paling sering digunakan yang umumnya terbuat dari keramik/porselen dengan campuran logam. Cara kerja dental bridge tradisional adalah denga sebuah mahkota (crown) yang dipasang pada kedua ujung jarak antara gigi yang hilang, lalu gigi palsu (pontics) dipasang diantaranya.
  2. Dental Bridge Resin, yaitu jenis dental bridge dengan bahan perekat dari resin atau disebut juga Maryland Bonded Bridges, yang menggunakan kerangka logam/porselen, lalu ditopang oleh gigi yang juga terbuat dari campuran porselen dengan logam, keramik, atau plastik.
  3. Dental Bridge Cantilever, yaitu jenis dental bridge yang digunakan bila hanya ingin menggantikan satu gigi, biasanya gigi yang ada pada ujung belakang dari mulut. Tentunya, ini adalah dental bridge yang cukup sulit dibuat dan memiliki harga yang lebih mahal.

Sahabat Audy, untuk harga pasang gigi palsu bertipe dental bridge ini memiliki kisaran harga sekitar Rp 8juta – Rp 9 juta per bridge untuk tipe metal porcelain, sedangkan untuk tipe full porcelain/zirconia memiliki kisaran harga Rp 12juta per bridge, yang tentunya tergantung juga pada jumlah gigi yang harus di-bridge.

Nah, kalau Sahabat Audy tertarik dan berniat untuk memasang gigi palsu dan ingin bertanya soal harga pasang gigi palsu, maka bisa langsung mendatangi klinik gigi Audy Dental pada cabang terdekat di kotamu ya. Tentunya, servis perawatan gigi dan yang lain sebagainya didukung juga oleh dokter yang profesional serta fasilitas yang modern dan canggih.

Tunggu apalagi, Sahabat Audy? Segeralah berkunjung ke klinik Audy Dental!