Masalah Kesehatan Gigi yang Sering Terjadi pada Anak

Halo, Sahabat Audy!

Kebiasaan menggosok gigi memang harus ditanamkan sejak dini. Pada usia 6 bulan gigi susu mulai tumbuh dan akan lengkap saat usia 2-3 tahun. Nah, gigi susu ini perlu dijaga supaya tidak mengalami kerusakan maupun mengganggu fungsi pengunyahan. Jika kebersihan dan kesehatan gigi tidak ditanamkan sejak dini, akan ada banyak masalah kesehatan yang bisa terjadi. Masalah pertumbuhan gigi yang terjadi saat ini akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya.

Lalu apa saja masalah kesehatan gigi yang bisa terjadi pada anak?

  1. Karies botol

Karies botol terjadi akibat seringnya bayi mengkonsumsi susu atau jus buah menggunakan dot. Jenis karies ini bisa disebabkan pada bayi yang punya kebiasaan minum susu mengambang dan tidak tertelan di dalam mulut. Sebab, pada susu yang dikonsumsi memiliki kandungan gula sehingga menyebabkan kerusakan pada gigi. Kondisi ini bisa membuat gigi membusuk dan menimbulkan rasa sakit.

  1. Kehilangan gigi

Saat gigi anak mengalami kerusakan, bisa mengakibatkan hilangnya gigi. Apabila gigi susu hilang sebelum gigi permanen, pertumbuhan gigi bisa bergeser pada area kosong. Ketika gigi permanen tumbuh, tidak ada ruang yang cukup dan bisa membuat gigi tumbuh miring. Pertumbuhan gigi yang miring bisa menimbulkan masalah pada persendian temporomandibular.

  1. Gigi tonggos

Kebiasaan menghisap dot ataupun ibu jari merupakan refleks alami bayi yang bisa membuatnya merasa nyaman. Biasanya refleks ini berhenti di usia 4 tahun. Namun, apabila ini terus dibiarkan hingga gigi permanen tumbuh, bisa menyebabkan gigi maju dari batas normal. Kondisi ini bergantung pada frekuensi, intensitas maupun durasi anak mengisap jempol. Ini juga berpotensi membuat gigitan tidak selaras hingga kesulitan mengucap kata.

  1. Gigi menumpuk

Masalah yang terjadi pada gigi anak bisa mengakibatkan gigi berjejal pada saat pergantian gigi susu ke permanen. Kondisi ini bisa dilihat pada pertumbuhan gigi anak usia 6-12 tahun. Apabila tidak diatasi dengan cepat, membuat anak sulit merawat dan membersihkan gigi. Tentu akan berisiko terjadinya gigi berlubang bahkan berpengaruh pada perkembangan rahangnya.

Untuk mengatasi masalah ini, sebagai orangtua perlu memberikan perhatian pada kondisi kesehatan gigi dan mulut anak. Lakukan kebiasaan baik seperti membersihkan mulut si kecil setelah menyusu dan makan. Jangan lupa untuk rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut pada dokter gigi.

Untuk memeriksakan gigi anak, silahkan datang langsung ke klinik gigi Audy Dental terdekat di kotamu. Di Audy Dental, si kecil bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi oleh Dokter Gigi Spesialis Anak yang profesional dan dilengkapi oleh fasilitas yang ramah anak serta peralatan yang modern dan canggih.

Yuk, segera berkunjung ke klinik Audy Dental sekarang!