7 Cara Menghindari Bau Mulut karena Behel Gigi

7 Cara Menghindari Bau Mulut karena Behel Gigi

Behel gigi merupakan salah satu cara untuk meratakan gigi dan membuat senyuman Sahabat AUDY menjadi indah kembali. Sayangnya, karena berbagai aktivitas pada mulut membuat banyak sisa makanan tersangkut pada behel gigi sehingga menyebabkan plak gigi dan akhirnya menghasilkan bau mulut. Apabila dibiarkan tentunya hal ini sangat memalukan apalagi jika Sahabat AUDY harus berbicara dengan banyak orang.

Nah, agar terhindar dari bau mulut saat menggunakan behel ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Berikut ulasannya.

Cara Menghindari Bau Mulut Karena Behel Gigi

Behel gigi sendiri tidak menyebabkan bau mulut. Behel dibuat dengan bahan logam atau keramik yang tidak mengeluarkan bau. Namun, kawat gigi dapat membuat jeda antara gigi dan kawat sehingga terdapat lebih banyak tempat untuk berkembangnya bakteri dan plak.

Plak adalah lapisan lengket dari bakteri, dan bakteri ini dapat menimbulkan bau jika tidak disikat atau dibersihkan dengan benang gigi. Selain plak pada gigi, behel gigi juga menyebabkan bau mulut ketika makanan tersangkut dan tertinggal di jeda kawat.

Berikut beberapa hal yang bisa Sahabat AUDY lakukan:

1. Bersihkan gigi secara teratur

Cara menghindari bau mulut karena behel gigi yang pertama ialah membersihkan gigi secara teratur. Saat memakai kawat gigi, kamu sebaiknya menyikat gigi di pagi, malam, dan setelah makan. 

Jika bau mulut masih mengganggu, mungkin perlu meningkatkan frekuensi menyikat gigi dan flossing dengan benang gigi. Benang gigi dapat sangat membantu dalam menghilangkan partikel makanan dari ruang kecil yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

2. Menggunakan obat kumur antibakteri

Setelah menyikat gigi dan flossing, menggunakan obat kumur antibakteri akan membantu  menghindari bau mulut saat memakai behel gigi. Obat kumur bisa masuk ke ruang antara gigi dan behel untuk membunuh kuman dan bakteri. 

Pilihlah obat kumur antibakteri atau antimikroba yang mengandung fluoride. Obat kumur Ini akan membantu menghilangkan bakteri penyebab bau, mencegah gigi berlubang, dan masalah kesehatan mulut lainnya yang dapat membuat napas kurang sedap. Berkumurlah  dua kali sehari setelah menggosok gigi selama sekitar 60 detik kemudian ludahkan. Jika Sahabat AUDY sensitif terhadap obat kumur, carilah yang tidak mengandung alkohol.

Sahabat AUDY juga bisa membuat obat kumur alami sendiri, lho. Caranya yaitu dengan menambahkan beberapa tetes tea tree oil dan minyak peppermint ke dalam secangkir air dengan soda kue. Campuran ini akan menghasilkan larutan antibakteri yang untuk membersihkan mulut.

3. Minum cukup air putih

Mulut yang kering akan mengurangi produksi air liur. Lingkungan yang hangat dan kering seperti ini menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang sehingga meningkatkan kemungkinan bau mulut. 

Oleh karena itu, pastikan Sahabat AUDY minum cukup air sepanjang hari agar mencegah dehidrasi sekaligus meningkatkan produksi air liur.

4. Hindari makanan yang berbau tajam

Menghindari makanan yang berbau tajam sangat penting saat Sahabat AUDY menggunakan behel gigi. Hindari makanan seperti permen karena sering menyebabkan masalah kesehatan mulut seperti gigi berlubang dan kerusakan gigi. Dilansir dari Healthline, sebaiknya menghindari makanan berbau tajam seperti durian, petai, jengkol, dan bawang putih.

5. Mengonsumsi permen penyegar nafas

Bau mulut saat menggunakan behel gigi dapat diatasi untuk sementara dengan permen mint. Namun, hindari mengonsumsi permen karet karena bisa menempel pada kawat gigi. Meskipun permen mint tidak akan menyembuhkan bau mulut, tetapi akan membantu menjaga kesegaran mulut sampai mulut benar-benar bersih.

6. Menggunakan flosser air

Flosser air atau water flosser sangat baik untuk membersihkan gusi, menghilangkan plak, dan melonggarkan sisa makanan yang menempel di braket dan kabel, yang juga akan melawan bau mulut. Akan tetapi, flosser air tidak bisa menggantikan sikat gigi dan flossing biasa.

7. Bersihkan gigi oleh dokter gigi secara rutin

Membersihkan gigi oleh dokter gigi sangat penting untuk menghindari bau mulut saat menggunakan behel gigi. Membersihkan gigi secara profesional dapat membantu mengidentifikasi masalah apa pun yang mungkin menyebabkan bau mulut.

Sahabat AUDY bisa menghubungi ortodonti yang menanganimu sejak awal agar tahu perkembangan penggunaan behel gigi dan rekam medis.

Nah, Sahabat AUDY yang ingin menghindari bau mulut saat menggunakan behel gigi bisa menghubungi klinik AUDY Dental terdekat. AUDY Dental memiliki fasilitas yang lengkap dan dokter spesialis profesional untuk memberikan pelayanan terbaik.

Yuk, tunggu kapan lagi? Segera ke klinik AUDY Dental, ya!