Klinik Gigi Semarang: Perawatan Lebih Mendalam oleh Dokter Gigi Spesialis

AUDY Dental Semarang

Seperti dokter pada bidang lainnya, Dokter Gigi pun memiliki beragam spesialisasi dengan keahlian spesifik yang diperlukan untuk perawatan gigi. Jika sedang berada di kota Semarang dan membutuhkan penanganan ke klinik gigi Semarang, cobalah untuk mengunjungi jenis Klinik Gigi Spesialis. Selain pilihan perawatan yang cukup lengkap, masalah gigi juga dapat ditangani dengan lebih mendalam.

Apa perbedaan Dokter Gigi Umum dan Dokter Gigi Spesialis?

Setelah menjalani pendidikan tinggi selama kurang lebih 6 tahun, Dokter Gigi Umum telah dibekali pengetahuan yang cukup luas untuk menangani beragam masalah gigi. Mereka dapat melakukan pemeriksaan terhadap kondisi mulut secara keseluruhan, termasuk gigi dan gusi. Dokter Gigi Umum juga kerap melakukan upaya pencegahan serta penanganan masalah gigi dan mulut pada pasien mereka.

Namun, jika masalah gigi dan mulut yang muncul cukup kompleks, maka sebaiknya segera berobat ke Dokter Gigi Spesialis di klinik gigi Semarang. Penanganan yang dibutuhkan kasus tersebut biasanya lebih rumit, dengan ilmu yang lebih mendalam. Karena itu, dibutuhkan para Dokter Gigi Spesialis yang telah menempuh pendidikan tinggi lanjutan sesuai dengan cabang ilmunya masing-masing. Jangka waktu pendidikannya cukup beragam sesuai dengan spesialisasinya.

Menurut situs Health Hub Singapore, Dokter Gigi Spesialis adalah Dokter Gigi yang telah menjalani pendidikan dan pelatihan lanjutan dalam cabang ilmu kedokteran gigi tertentu selama 2 hingga 5 tahun. Setelah menyelesaikan pendidikannya, para Dokter Gigi tersebut akan diberikan sertifikasi pelatihan khusus dan gelar baru sesuai spesialisasinya.

Perawatan apa saja di Klinik Gigi Spesialis?

Agar masalah gigi dan mulut dapat ditangani dengan tepat, kunjungilah Dokter Gigi Spesialis sesuai dengan perawatan yang dibutuhkan. Berikut beberapa jenis spesialisasi perawatan yang tersedia di klinik gigi Semarang.

1. Spesialis Ortodonti (Sp.Ort)

Dokter Gigi Spesialis Ortodonti adalah Dokter Gigi yang berhubungan dengan proses koreksi atau pembetulan posisi gigi. Dokter Gigi satu ini kerap kali dikunjungi untuk pemasangan behel gigi. Tak sekedar estetika, tujuan utama perawatan Ortodonti adalah mengembalikan posisi dan susunan gigi sebagaimana mestinya. Termasuk di antaranya memperbaiki fungsi pengunyahan dan berbicara.

2. Spesialis Prostodonsia (Sp.Pros)

Fokus ilmu dari Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia adalah penggantian dan restorasi gigi. Kasus yang ditangani biasanya lebih kompleks dari Dokter Gigi Umum, seperti tindakan implan dan pemasangan gigi palsu yang kompleks. Setelah operasi, para Spesialis Prostodonsia juga fokus terlibat dalam pemulihan kesehatan dan fungsi mulut secara keseluruhan.

3. Spesialis Bedah Mulut (Sp.BM)

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut akan menangani masalah gigi spesifik yang memerlukan tindakan pembedahan. Seperti di antaranya adalah pencabutan gigi geraham bungsu, pengangkatan tumor gigi, hingga rekonstruksi wajah dan rahang.

Dokter Gigi Spesialis satu ini juga bisa dikunjungi oleh para pasien yang takut akan rasa sakit cabut gigi. Pasalnya, pendidikan mendalam yang mereka jalani membuat para Spesialis Bedah Mulut ini mampu melakukan pencabutan gigi dengan durasi yang lebih cepat.

4. Spesialis Periodonsia (Sp.Perio)

Dokter Gigi Spesialis Periodonsia fokus pada perawatan jaringan periodontal, yaitu lapisan pendukung gigi. Jaringan periodontal meliputi gusi, tulang sekitar gigi, serta jaringan pendukung lainnya pada gigi. Para Spesialis Periodonsia melakukan perawatan terhadap kesehatan gusi, seperti di antaranya radang gusi, gigi goyang, nyeri saat mengunyah, gusi berdarah tanpa penyebab luar, hingga bau mulut kronis yang terus ada bahkan setelah sikat gigi.

5. Spesialis Konservasi Gigi (Sp.KG)

Dokter Spesialis Konservasi Gigi atau Endodontist adalah Dokter Gigi yang melakukan perawatan untuk menjaga estetika dan fungsi gigi berjalan baik. Spesialis satu ini memiliki misi untuk mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rongga mulut. Beberapa perawatan yang dilakukan oleh Endodontist adalah perawatan saluran akar atau saraf gigi, perawatan endodontik bedah, penanganan trauma gigi, hingga perawatan estetik seperti veneer

6. Spesialis Kedokteran Gigi Anak (Sp.KGA)

Dokter Spesialis Kedokteran Gigi Anak dikenal juga dengan nama Pedodontis atau Pediatric Dentist. Dokter Gigi Spesialis Anak ini dibekali ilmu pengetahuan mendalam mengenai kesehatan gigi dan mulut anak secara menyeluruh. Mulai dari pertumbuhan dan perkembangan gigi hingga manajemen tingkah laku anak dan pendekatan psikologis yang dibutuhkan. Spesialis Kedokteran Gigi Anak juga dibutuhkan untuk menangani masalah gigi dan mulut Anak Berkebutuhan Khusus.

Baca juga: Bagaimana Menemukan Rekomendasi Dokter Gigi Anak? Berikutnya Tipsnya!

Gigi berlubang ke Dokter Gigi Spesialis apa?

Jika ingin melakukan perawatan gigi berlubang, salah satu Dokter Gigi Spesialis yang tepat untuk dikunjungi adalah Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi (Endodontist). Para spesialis ini memiliki keahlian dalam melakukan perawatan saraf gigi dan penambalan gigi yang kompleks sekalipun. Endodontist bisa ditemukan di berbagai daerah, termasuk di klinik gigi Semarang.

Berapa biaya untuk cabut gigi di Dokter Gigi Spesialis?

Biaya pencabutan gigi sangatlah beragam sesuai dengan tingkat kerumitan kasusnya. Namun secara umum, biaya cabut gigi dapat berkisar mulai dari Rp450.000 hingga Rp1.100.000. Harga ini tentu dapat berubah seiring waktu dan penanganan masalah gigi dan mulut yang diperlukan. Lokasi juga dapat menentukan biaya perawatan gigi, misalnya biaya perawatan di klinik gigi Jakarta, kemungkinan besar akan berbeda dengan biaya perawatan di klinik gigi Semarang.

Baca juga: Berikut 5 Fasilitas Dokter Gigi Terdekat Yang Kamu Harus Pertimbangkan

Berapa biaya scaling di Dokter Gigi Spesialis?

Serupa dengan biaya cabut gigi, biaya scaling pun dapat beragam sesuai kesulitan pembersihannya. Saat ini, biaya scaling berkisar pada Rp300.000 hingga Rp500.000. Biaya scaling dapat berubah seiring dengan waktu, namun jangan lupa untuk memanfaatkan berbagai kemungkinan promo yang diberikan oleh masing-masing klinik gigi Semarang.

Berapa Harga Konsultasi di Klinik Gigi Semarang?

Harga konsultasi dengan para Dokter Gigi Spesialis di klinik gigi Semarang cukup beragam sesuai dengan pengalaman dokter dan perbedaan kebijakan di setiap klinik gigi. Namun, pastikan untuk mendapatkan perawatan terbaik agar masalah gigi dan mulut tidak terus muncul kembali yang justru dapat membuat kita mengeluarkan lebih banyak biaya pada akhirnya.

Baca juga: 4 Penyebab Umum Sakit Gigi yang Tidak Boleh Diabaikan