Bagaimana Menemukan Rekomendasi Dokter Gigi Anak? Berikutnya Tipsnya!

Bagaimana Menemukan Rekomendasi Dokter Gigi Anak Berikutnya Tipsnya!

Usia anak-anak merupakan usia yang paling rawan mengalami permasalahan gigi seperti gigi berlubang. Ketika permasalahan ini datang, bagaimana untuk mendapatkan rekomendasi dokter gigi anak yang baik? Mengapa tidak ke dokter gigi umum saja? Mari kita bahas selengkapnya di sini ya, Parents!

World Health Organization (WHO) telah merilis data bahwa sekitar 60-90% dari anak-anak sekolah di seluruh dunia pernah mengalami karies gigi (gigi berlubang). Menurut laporan ini, karies gigi yang parah dan tak tertangani dapat mempengaruhi berat badan, pertumbuhan, dan kualitas hidup pada anak-anak.  

Sementara di Indonesia sendiri, tercatat hanya 7% anak pada usia dini yang terbebas dari masalah gigi berlubang. Sementara sisanya, yaitu 93% pernah mengalami dan mendapatkan perawatan medis lantaran gigi berlubang atau masalah pada gigi lainnya. Dari kedua angka tersebut, bisa kita simpulkan bahwa memang permasalahan gigi pada anak merupakan isu yang telah mendunia. 

Baca juga: Jenis-jenis Perawatan Gigi Anak yang Perlu Dilakukan

Mengapa Gigi Anak Mudah Bermasalah? 

Memang kita tidak bisa menyimpulkan begitu saja beberapa penyebab dari permasalahan gigi pada anak sebelum dilakukan pemeriksaan. Tapi setidaknya ini beberapa hal yang dapat diketahui untuk mengetahui beberapa faktor penyebab gigi berlubang. 

  • Kebiasaan makan makanan manis. Pada usia dini apabila tidak diawasi tentu anak-anak bisa mengonsumsi berbagai minuman dan makanan manis yang nantinya dapat menjadi pemicu banyaknya bakteri di mulut. 
  • Kurang minum air putih. Kurangnya asupan cairan sehingga menyebabkan produksi air liur sedikit. Padahal air liur membantu menguraikan sisa makanan pada mulut. 
  • Kebiasaan minum susu hingga tertidur. Ini adalah kebiasaan yang dapat merusak gigi lantaran kandungan gula pada susu yang dapat mengendap pada sela-sela gigi dan menyebabkan permasalahan gigi. 
  • Belum tahu cara menyikat gigi yang benar. Seringkali ketika anak menyikat gigi mereka hanya menyikat bagian depannya saja. Tidak mencapai gigi bagian belakang yang ternyata masih ada sisa makanan dan terus bertumpuk hingga menyebabkan lubang pada gigi. 

Cara Menemukan Rekomendasi Dokter Gigi Anak yang Bagus

Dari beberapa penyebab tersebut, tentu ketika terdapat permasalahan gigi, kita perlu mengajak Si Kecil untuk ke Dokter Gigi. Namun ternyata memang sulit, ya karena yang ada di bayangan Si Kecil tentunya Dokter Gigi begitu menyeramkan. Oleh karena itu, tentunya kita harus memilih layanan kesehatan yang terbaik, jangan sampai Si Kecil nantinya justru mengalami trauma dan jadi takut ke Dokter Gigi ke depannya. 

Untuk Parents yang masih bingung untuk mencari rekomendasi Dokter Gigi anak yang baik, berikut tipsnya!

Ketahui Kebutuhan Perawatan Gigi Si Kecil

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah jangan panik, dan ketahui terlebih dahulu permasalahan gigi yang dialami Si Kecil. Misalkan kita mengetahui kalau dia merasakan sakit gigi, kita bisa langsung membawanya ke Dokter Gigi terdekat terlebih dahulu. Nantinya, Dokter Gigi tersebut akan melakukan pemeriksaan dan mendiagnosis apa permasalahan gigi yang sedang melanda serta merekomendasikan layanan serta merujuk ke Dokter Gigi Spesialis Anak. 

Minta Rekomendasi dari Kenalan, Saudara, atau Teman 

Ketika sudah mengetahui diagnosa permasalahan giginya, barulah kita mulai mencari rekomendasi Dokter Gigi atau Dokter Gigi Spesialis yang bagus. Hal yang dapat dilakukan pertama kali tentu saja menghubungi orang-orang terdekat kita. Karena sangat mungkin kita bisa mendapatkan layanan yang cocok dengan kebutuhan Si Kecil, dan tentunya rekomendasi dari orang terdekat bisa lebih dipercaya.

Temukan di Mesin Pencari dan Media Sosial 

Bila ternyata dari orang-orang terdekat kita tidak mendapatkan jawaban, jalan berikutnya tentu saja dengan melakukan pencarian melalui internet di mesin pencari hingga media sosial. Sekarang ini hampir tiap klinik hingga rumah sakit telah membuat dokumentasi khusus pelayanan kesehatan gigi pada anak. Belum lagi banyak juga Dokter Spesialis Gigi Anak yang juga merangkap konten kreator, sehingga kita bisa melihat cara beserta hasil pekerjaannya seperti apa. Nantinya Parents dapat memilih mana yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan anak. 

Kunjungi Klinik Gigi khusus Anak Seperti AUDY KIDS

AUDY Dental Clinic, sebagai salah satu klinik Dokter Gigi Spesialis terbesar di Indonesia, tentu memiliki layanan kedokteran gigi khusus anak yang dinamakan AUDY Kids. AUDY Kids memiliki tim yang dikhususkan untuk melayani kebutuhan perawatan gigi anak seperti pemeriksaan rutin, edukasi pencegahan gigi berlubang, tindakan pencabutan gigi susu, perawatan gigi berlubang, perawatan saluran akar, dan lainnya. 

Baca juga: Kondisi Gigi Anak yang Perlu Dicek oleh Dokter Gigi Spesialis Anak

Berapa Harga Konsultasi Dokter Gigi Anak di AUDY Kids?

AUDY Kids menyediakan berbagai layanan perawatan gigi anak, mulai dari tindakan simple hingga kompleks. Untuk daftar harga dari layanan AUDY Kids ini Parents bisa klik tautan undur berikut, ya atau kunjungi halaman khusus perawatan gigi spesialis anak AUDY di sini.

Itulah tadi hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rekomendasi Dokter Gigi Spesialis Anak yang sesuai dengan kebutuhan. Berikan yang terbaik untuk buah hati agar tidak takut ke Dokter Gigi di masa yang akan datang. 

Percayakan permasalahan gigi Si Kecil, hanya di AUDY Kids! Sampai jumpa di klinik ya, Parents!