Mau Pasang Behel? Cek Dulu Biaya Pasang Behel di Sini

Biaya pasang behel itu berbeda-beda, tergantung jenis behel, teknik pemasangannya, dan di mana tempat pemasangan behelnya. Yang perlu diingat jangan hanya tergiur biaya pasang behel yang murah, namun yang menangani adalag orang yang tidak ahli di bidangnya, ya. Karena pemasangan behel ini tidak sekadar hanya untuk tampil gaya, tapi mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut dalam jangka panjang.

Pemasangan behel harus dilakukan oleh Dokter Gigi atau Dokter Gigi Spesialis. Apabila tidak dilakukan oleh orang yang memiliki keilmuwan gigi, maka justru akan menimbulkan masalah buruk. Tentunya tidak ingin hal ini terjadi, kan?

Seperti dilansir dari laman berikut, pemasangan behel yang tidak tepat bisa berdampak pada letak dan mempengaruhi fungsi gigi yang sebenarnya. Selain itu, jika dalam proses pemasangannya tidak menggunakan alat yang hygienis dapat menyebabkan infeksi gusi. Infeksi yang terjadi bisa saja menjalar ke jaringan yang di bawahnya, seperti tulang penyangga gigi sehingga menyebabkan pembekakan, luka pada jaringan sekitar, dan bisa menimbulkan bau mulut karena hal tersebut. Jadi jangan hanya mempertimbangkan biaya pasang behelnya, namun pertimbangkan juga dampak jangka panjangnya.

Baca Juga: 4 Alasan Pasang Behel Gigi di Klinik Spesialis

Nah jika Sahabat AUDY ingin melakukan tindakan merapikan gigi dengan behel, berikut gambaran biaya pasang behel berdasarkan jenis behelnya.

1. Behel Metal

Behel metal atau lebih dikenal dengan behel konvensional ini merupakan behel yang banyak diminati untuk memperbaiki susunan gigi. Behel jenis ini terbuat dari bahan stainless steel yang ditempelkan pada permukaan gigi. Lalu, bracket pada masing-masing gigi akan dihubungkan dengan kawat khusus dan karet elastis untuk memberikan tekanan pada gigi sehingga gigi bergerak sesuai dengan posisi yang diinginkan.

Behel metal ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Selain itu, behel metal juga tidak mudah pecah dan terlepas dari gigi. Meski terbuat dari logam, namun penggunanya bisa memilih warna karet sesuai warna yang disukai.

Behel metal ini juga tersedia beberapa pilihan merek, seperti Ortho Classic (USA), Praxis Mini (USA), Mini Master American Ortho (USA), dan Mini Diamond 3M. Untuk biaya pasang behel metal ini kisaran harganya dari Rp3.000.000 – Rp11.500.000. Lama penggunaanya biasanya 1-3 tahun sesuai dengan kondisi gigi. Usai perawatan behel metal selesai, biasanya Dokter Gigi akan menyarankan menggunakan retainer untuk menjaga gigi agar tetap pada posisinya.

2. Behel Lingual

Behel lingual sebenarnya hampir sama dengan behel metal. Yang membedakan hanyalah letak bracketnya. Jika behel metal letak bracketnya di depan, behel lingual ini letak behelnya di belakang gigi. Biasanya behel ini dipilih oleh pasien yang tidak ingin kelihatan menggunakan behel. 

Biaya pasang behel jenis ini lebih mahal jika dibandingkan dengan behel metal. Hal ini dikarenakan pemasangan behel lingual lebih rumit dibandingkan behel metal. Nah bagi Sahabat AUDY yang memiliki gigi kecil, behel lingual kurang cocok karena berpotensi akan menghalangi lidah. 

Behel lingual juga memiliki beberapa merek, yakni Lippy Lingual Braces dan Incognito Braces. Untuk kisaran biaya pasang behel jenis ini antara Rp20.000.000 – Rp98.000.000. Usai perawatan behel lingual selesai, biasanya Dokter Gigi menyarankan pakai retainer. 

Harga untuk reainer belum termasuk dalam perawatan behel lingual. Jika Sahabat AUDY ingin menggunakan retainer, ada biaya yang harus dikeluarkan lagi. Biaya retainer kisaran Rp1.500.000 – Rp3.000.000 tergantung kliniknya.

Baca Juga: Kamu Wajib Tahu Hal Ini Sebelum Pasang Behel!

3. Behel Ceramic

Jika ingin tampil lebih trendy, behel ceramic lebih cocok jadi pilihan. Warna bracketnya bening seperti warna gigi, sehingga hanya terlihat kawatnya saja. Sayangnya, bracket ceramic juga bisa berubah warna seiring waktu, terutama jika penggunanya memiliki hobi minum minuman berwarna seperti kopi, the, atau soda. Satu kelemahan lagi dari behel ceramic yakni bahannya juga lebih rapuh dan mudah pecah. Jadi bagi para pengguna behel ceramic harus ekstra hati-hati pada saat makan.

Beberapa merek behel ceramic yang bisa dipilih di antaranya Pure Sapphire dan Inspire Ice. Meski hampir sama dengan behel metal dengan bracket di bagian depan gigi, namun biaya pasang behel jenis ini lebih mahal. Jika memilih behel ceramic, Sahabat AUDY bisa siapkan budget kisaran Rp8.000.000 – Rp17.000.000. 

4. Behel self ligating

Pemilihan behel jenis ini cocok bagi yang malas untuk melakukan kontrol ke Dokter Gigi selama melakukan perawatan behel. Behel self ligating ini tidak lagi menggunakan karet melainkan klip khusus sebagai penahan kawat di masing-masing barcketnya. Rasa sakit yang ditimbulkan pun diklaim lebih ringan apabila dibandingkan dengan behel konvensional.

Tenang, behel self ligating ini bracketnya juga tersedia dengan bahan metal dan keramik. Jadi jika tidak ingin terlihat menggunakan behel, tinggal pilih yang berbahan keramik. Behel ini memiliki 2 merek yakni Empower Clippy Metal dan Damon Metal. Biaya pasang behel jenis ini butuh menyiapkan budget sekitar Rp10.000.000 – Rp35.000.000

Itulah gambaran mengenai biaya pasang behel sesuai dengan jenisnya. Jika ingin melakukan perawatan behel, sebaiknya konsultasikan ke Dokter Gigi atau Dokter Gigi Spesialis agar bisa menentukan jenis behel yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Ingat, urusan gigi pilih yang pasti, percayakan pada yang ahli.

Baca Juga: Step by Step Pemasangan Behel