5 Tips Cari Dokter Gigi Anak Terbaik di Bogor

5 Tips Cari Dokter Gigi Anak Terbaik di Bogor

Pada masa awal kehidupannya, anak-anak tentu membutuhkan banyak dukungan untuk beradaptasi dengan dunia. Karena hal itulah, peran orang tua dan seluruh orang tersayang di sekitarnya sangat penting dalam memastikan tumbuh kembang mereka berjalan dengan baik. Salah satunya adalah memastikan kesehatan gigi dan mulut anak selalu terjaga dan berkembang baik sesuai usianya.

Khusus untuk para warga Bogor atau semua yang sedang berkunjung ke kota hujan ini dan tengah perlu mengunjungi Dokter Gigi Spesialis Anak, berikut adalah 5 tips untuk memilih dokter gigi anak Bogor yang terasa pas di hati!

Bagaimana Cara Mencari Dokter Gigi Anak Terbaik di Bogor?

Menurut situs berikut, disarankan bagi para orang tua untuk memilih Dokter Gigi Spesialis Anak yang cocok di hati sebelum anak berusia satu tahun. Penting untuk memiliki Dokter Gigi Spesialis Anak yang telah mengetahui riwayat kesehatan gigi dan mulut anak sejak awal pertumbuhan gigi susu, masa tanggal, hingga munculnya gigi tetap mereka.

Biasanya, gigi susu anak akan mulai tanggal sekitar usia mereka 6 tahun. Jika terasa susah dan bingung untuk mencari titik mulai, berikut beberapa tips bagi wargi Bogor untuk memilih Dokter Gigi Anak Bogor terbaik di sekitar lokasi rumah!

1. Cari Informasi dari Orang Tua Lainnya dan Online Review

Mengunjungi suatu tempat untuk yang pertama kali, bisa jadi rasanya memang seperti membeli kucing dalam karung. Namun beruntungnya, hal itu sudah bisa teratasi di zaman digital dengan kecepatan penyebaran informasi serta peralatan komunikasi yang sudah cukup canggih ini.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah bertanya langsung kepada mereka yang telah melewatinya, yaitu para orang tua lain yang memiliki preferensi serupa. Mulailah dari teman, tetangga, dan kerabat yang domisili rumahnya paling dekat untuk mencari Dokter Gigi Anak Bogor yang lokasinya juga tak terlalu jauh dari rumah.

Pastikan untuk bertanya mengenai semua detail yang diperlukan, ulasan jujur dan pengalaman ketika memeriksakan kesehatan gigi dan mulut anak mereka di klinik dokter tersebut. Sudah dapat offline review, jangan lupa untuk mencari online review-nya juga. Perhatikan semua ulasannya, pintar-pintar menilai antara ulasan asli dan ulasan “marketing”.

2. Memastikan Kredibilitas dan Cari Tahu “Jam Terbang” Sang Dokter

Sudah berapa lama lulus dari sekolah spesialisasi? Apakah sudah terdaftar dalam organisasi resmi? Berapa tahun pengalaman praktiknya? Apakah sering mengikuti pelatihan terkini? Apakah masih aktif praktik hingga saat ini atau sempat mengambil masa rehat yang cukup lama?

Beberapa pertanyaan ini bisa menjadi dasar acuan untuk memastikan kredibilitas dan jam terbang sang Dokter Gigi Spesialis Anak. Pastikan untuk bertanya dengan ramah, Dokter yang baik tentu akan menjawab semua pertanyaan dengan senang hati.

3. Kunjungi Terlebih Dahulu Kliniknya

Setelah sampai pada beberapa pilihan terbaik, rekomendasi langkah selanjutnya adalah berkunjung lebih dahulu ke Klinik Dokter Gigi Anak Bogor tersebut. Ajak anak untuk melihat langsung kliniknya, sambutan, pelayanan, hingga interior, semua bisa menjadi poin penilaian untuk mencari Klinik Pedodontist yang sesuai dengan harapan.

4. Cari Pedodontis yang Pro Pencegahan

“Mencegah lebih baik dari mengobati,” sebuah anjuran tepat untuk berbagai permasalahan, termasuk masalah kesehatan gigi dan mulut anak-anak.

Jika bisa membuat janji konsultasi terlebih dahulu, bertanyalah sebanyak-banyaknya kepada Dokter Gigi Spesialis Anak yang dikunjungi. Perhatikan bagaimana jawaban mereka pada setiap masalah gigi dan mulut anak. Jika sebagian besar jawabannya mengarah pada pencegahan, kemungkinan besar Dokter Gigi Anak tersebut adalah pilihan yang baik.

5. Tinjau Kembali Semua Checklistnya

Setelah puas mencari tahu dan membandingkan beberapa Dokter Gigi Anak Bogor, buka catatan dan lihat pro kontra pada masing-masing kandidat. Jangan lupa untuk menanyakan pendapat anak mengenai para Dokter yang mereka kunjungi. Rundingkan dengan pasangan, kemudian ambil keputusan sesuai hasil pertimbangan terbaik serta preferensi anak.

Baca juga: Jangan Ditunda! Ini Beberapa Hal yang Membuat Biaya Tambal Gigi Bertambah!

Apa Bedanya Dokter Gigi Umum dan Dokter Gigi Anak?

Serupa dengan Dokter Gigi Spesialis lainnya, Dokter Gigi Spesialis Anak adalah Dokter Gigi yang telah menjalani pendidikan lanjutan dalam fokus kesehatan gigi dan mulut anak-anak. Disebut juga dengan Pedodontist, Dokter Gigi Spesialis Anak biasanya menjalani 5-6 semester tambahan untuk mendapatkan gelar mereka. Berikut beberapa perbedaan Dokter Gigi Spesialis Anak dengan Dokter Gigi Umum:

  • Jenis gelar.
  • Jenjang dan periode pendidikan.
  • Jenis pasien yang lebih spesifik.
  • Kompetensi kedalaman ilmu dan diagnosa.
  • Penampilan dan interior ruangan konsultasi yang lebih ceria.

Baca juga: Perawatan Gigi Anak Sesuai Usia yang Wajib Orangtua Ketahui

Dokter Gigi Anak untuk Usia Berapa?

Jika terasa atau terlihat ada masalah dengan kesehatan gigi dan mulut anak, maka sebaiknya segera dibawa untuk periksa ke dokter gigi sedini mungkin. Namun, jika anak terlihat nyaman tak bermasalah, maka usia yang direkomendasikan untuk membawa anak ke Dokter Gigi Spesialis Anak adalah 6 bulan sejak gigi susu pertamanya tumbuh atau paling lambat saat ulang tahun pertamanya.

Sementara jika keadaan sedang tidak memungkinkan, sebaiknya segera melakukan konsultasi paling lambat kurang lebih 12 bulan sejak gigi susu pertama anak tumbuh. Pada jangka waktu tersebut, para Pedodontist dapat memberikan informasi seputar:

  • Teething (momen gigi keluar dari gusi).
  • Rekomendasi cara pemberian makanan pada bayi.
  • Cara membersihkan mulut anak.
  • Kebiasaan mengempeng.
  • Kebiasaan menghisap jari.
  • Kerusakan gigi anak akibat pemakaian botol susu berkepanjangan.

Apakah Anak Perlu ke Dokter Gigi?

Seperti gigi tetap, gigi susu juga bisa berlubang. Lubang yang besar dan abses pada gigi susu dapat meningkatkan risiko timbulnya sarang bakteri. Hal ini tak hanya selesai pada gigi susu, karena bakteri yang berkumpul akan mengganggu proses muncul dan pertumbuhan gigi tetap ke depannya.

Jika gigi susu anak tidak dirawat dan dijaga, maka gigi tetapnya akan lebih rentan terhadap berbagai masalah gigi selamanya. Karena itu, penting untuk memastikan dan mencegah masalah gigi dan mulut anak sejak usia sedini mungkin.

Nah, setelah yakin dengan Dokter Spesialis Anak Bogor pilihan, pastikan untuk segera memeriksakan kesehatan gigi dan mulut anak. Namun jika masih belum yakin, bisa juga mulai dari mengunjungi Klinik Dokter Gigi Spesialis Anak di Bogor seperti AUDY Kids.

Saat berkunjung, Sahabat AUDY bisa melihat langsung situasi klinik dan daftar Pedodontist pilihan yang siap melayani dan menjaga kesehatan gigi dan mulut anak dengan sepenuh hati. Kami nantikan di klinik, yuk ajak sang buah hati main ke AUDY Kids terdekat!