Ingin Pasang Veneer Gigi di Jakarta Selatan? Ini dia Harganya!

Ingin Pasang Veneer Gigi di Jakarta Selatan? Ini dia Harganya!

Sebagai salah satu bagian dari Ibu Kota yang dipenuhi beragam tempat populer, Jakarta Selatan menjadi begitu identik dengan kata mahal dan mewah. Mulai dari restoran bintang lima, cafe eksklusif, hingga salon dan spa dengan daftar tamu yang dipenuhi nama-nama besar. Stereotipe ini pun tidak lepas dari biaya perawatan kesehatan dan estetika gigi.

Bagi mereka yang tengah berpikir untuk pasang veneer gigi, sebagian besar mungkin tidak berpikir untuk mencari rekomendasi veneer gigi Jakarta Selatan. Namun apakah prasangka tersebut memang benar? Mari kita bahas bersama dengan menjawab beberapa pertanyaan populer di bawah ini.

Berapa Harga Satu Veneer Gigi?

Harga veneer gigi memang dihitung per gigi, namun tidak ada satu harga pasti yang dapat menjawab pertanyaan ini dengan singkat. Untuk menentukan harga satu veneer gigi dan biaya pasang keseluruhannya, ada beberapa hal yang perlu ditentukan terlebih dahulu.

1. Jenis Bahan Veneer Gigi

Bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan veneer gigi terbagi menjadi dua, resin composite dan porcelain. Dalam proses pemasangan veneer gigi, memilih antara kedua material tersebut akan menjadi dasar pembeda harga yang cukup besar. 

Pemakaian resin composite ditujukan untuk veneer direct, yaitu jenis veneer yang dipasangkan langsung pada lapisan enamel gigi oleh Dokter Gigi Spesialis. Proses pemasangan veneer composite tergolong cepat, cukup dengan satu kali kunjungan dengan durasi sekitar 90 menit. Veneer satu ini dapat bertahan hingga dua sampai lima tahun. Kedua hal tersebut membuat harga veneer gigi Jakarta Selatan untuk bahan komposit cenderung lebih murah, yaitu sekitar Rp1.200.000 per gigi.

Sementara material porcelain adalah jenis veneer indirect. Pembuatannya dilakukan secara terpisah di laboratorium. Proses pemasangan veneer gigi porcelain memerlukan dua kali kunjungan dengan jeda waktu sekitar dua minggu. Biaya pasang veneer gigi porcelain adalah sekitar Rp5.000.000 per gigi, namun jangan sampai kelewatan promo yang kerap dilakukan oleh Klinik Gigi Spesialis ternama. Potongan harga veneer gigi Jakarta Selatan hingga jutaan rupiah per gigi, tentu bukan sesuatu yang layak untuk diabaikan, bukan?

Meskipun biaya veneer porcelain cenderung lebih mahal dari veneer composite, namun tingkat popularitas veneer indirect ternyata tidak kalah hebat. Hal ini dikarenakan hasil jadi veneer porcelain yang menyerupai gigi asli dan keunggulan daya tahan hingga belasan tahun, membuatnya cukup diminati oleh kalangan para pengguna veneer gigi.

2. Biaya Pencetakan Gigi

Bagi calon pengguna yang tertarik dengan veneer porcelain, maka perlu dipahami bahwa ada langkah pencetakan gigi pada proses pemasangan veneer indirect ini. Biaya tambahan yang dibutuhkan untuk pencetakan gigi juga cukup bervariasi, yaitu sekitar Rp500.000 hingga Rp700.000. 

3. Penggunaan Veneer Gigi Sementara

Selama menunggu masa pembuatan veneer gigi indirect di laboratorium, para pasien dapat menggunakan veneer gigi sementara. Biaya veneer gigi sementara di Jakarta Selatan adalah sekitar Rp350.000 per gigi. Penggunaannya tidak wajib, sehingga dapat dipertimbangkan sesuai kebutuhan dan kenyamanan calon pengguna veneer gigi.

Baca juga: Apa itu Veneer Gigi? Prosedur pemasangan dan Manfaat Veneer Gigi

Mengapa Pengguna Veneer Porcelain Membutuhkan Veneer Gigi Sementara?

Penggunaan veneer gigi sementara adalah pilihan bagi para pengguna, namun tentu ada alasan mengapa temporary veneer ini diperlukan. Menurut situs berikut, veneer gigi sementara diperlukan untuk beberapa alasan, yaitu:

1. Uji Coba Tampilan Gigi Baru

Veneer gigi sementara akan memberikan gambaran bagaimana para calon pengguna akan terlihat dengan veneer gigi. Veneer sementara ini juga dapat membantu Dokter Gigi Spesialis untuk melihat dan mempertimbangkan keperluan penyesuaian ulang untuk veneer gigi permanen yang akan dibuat.

2. Perlindungan Gigi Sensitif

Untuk memastikan veneer gigi permanen dapat menempel dengan baik nantinya, terdapat langkah menggerus lapisan enamel gigi asli. Hal ini membuat gigi jadi lebih sensitif. Veneer gigi sementara diperlukan untuk melindungi area tersebut dan mencegah gigi bereaksi terhadap konsumsi asupan panas, dingin, dan asam.

3. Estetika Penampilan

Lapisan enamel yang digerus untuk kebutuhan pemasangan veneer tentu akan terlihat cukup aneh. Sembari menunggu veneer gigi permanen selesai, pemakaian veneer gigi sementara dapat bantu untuk menutupi tampilan gigi asli tersebut.

Veneer Gigi Tahan Berapa Lama?

Dalam pemakaian normal, veneer gigi dapat bertahan cukup lama. Veneer gigi composite mampu bertahan hingga 2 sampai 5 tahun, sementara veneer gigi porcelain bisa bertahan hingga belasan tahun.

Perbedaan yang cukup mencolok ini tentu disebabkan oleh perbedaan material yang digunakan. Bahan porcelain memang lebih kuat dari bahan resin composite, dengan harga yang terlihat lebih tinggi, namun dapat bertahan jauh lebih lama.

Namun semua tentu tergantung pemakaiannya. Jika para pengguna tidak berhati-hati, composite maupun porcelain bisa saja rusak sesuai daya tahannya masing-masing. Tak hanya veneer gigi Jakarta Selatan, veneer gigi di daerah manapun tetap memerlukan perawatan dan kehati-hatian dalam penggunaannya.

Baca juga: Ingin Veneer Gigimu Selalu Terawat? Ketahui Dulu Cara Merawat Veneer Gigi Ini!

Apakah Veneer Gigi itu Permanen?

Ya. Veneer gigi yang dipasang untuk penggunaan jangka lama dapat digolongkan sebagai permanen. Tidak bisa dilepas pasang dengan mudah, namun bukan berarti tidak bisa lepas. Terdapat beberapa kasus veneer patah atau terlepas karena situasi tertentu.

Bahkan veneer gigi sementara yang diperuntukkan sebagai pengganti selama masa pembuatan veneer gigi permanen juga hanya bisa dilepas pasang oleh para Dokter Gigi. Karena itu, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Gigi Spesialis guna menentukan prosedur yang paling tepat dan sesuai.

Tak perlu bingung, Sahabat AUDY bisa langsung lihat daftar cabang Klinik Gigi Spesialis AUDY Dental terdekat dari lokasi rumah, di sini. Veneer gigi jakarta selatan, timur, barat, utara, bahkan hingga kota Surabaya dan Semarang, semua bisa ditemukan hanya dengan satu sentuhan jari.

Booking jadwal konsultasi sekarang, dan sampai jumpa di klinik, ya!

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama Veneer vs Crown Gigi