Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi: Gigi Cantik dan Sehat, Tak Perlu Dicabut!

Gigi Cantik dan Sehat, Tak Perlu Dicabut!

Saat muncul rasa tidak nyaman pada gigi, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah pemeriksaan oleh Dokter Gigi. Namun tepatnya, spesialisasi Dokter Gigi apa yang harus dikunjungi?

Serupa dengan ilmu Kedokteran Umum, bidang pendidikan Kedokteran Gigi juga memiliki pendalaman ilmu yang cukup beragam. Mulai dari perawatan kesehatan gigi dan mulut untuk anak, sampai spesialis yang khusus mendalami ilmu pembedahan gigi. Salah satu di antara pendalaman tersebut adalah Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi—yang akan kita kenal lebih jauh melalui artikel ini.

Apa Itu drg. Sp.KG?

Gelar drg. Sp.KG adalah singkatan dari Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi. Pendalaman ilmu Kedokteran Gigi satu ini memiliki misi untuk mempertahankan gigi asli selama mungkin di dalam rongga mulut masing-masing pasien. Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi juga dikenal dengan nama lain, yaitu Endodontist.

Selain menjaga kesehatan gigi, gusi, dan mulut secara keseluruhan, Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi juga menggunakan berbagai perawatan estetika. Hasilnya, fungsi kerja mulut dapat berjalan baik tanpa harus melakukan pencabutan gigi. Gigi tampak lebih sehat dan tampil memukau.

Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi Menangani Apa?

Dalam masa pendalaman ilmunya, Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi menerima pelatihan tambahan dengan berbagai fokus pemeliharaan dan perlindungan gigi. Beberapa penanganan konservasi gigi yang dilakukan oleh para Endodontist adalah diagnosis nyeri gigi, restorasi dan perawatan estetik, prosedur bedah minor, serta perawatan saluran akar.

Tak hanya tampilan estetika luar gigi, Endodontist juga mempelajar prosedur lain yang berkaitan dengan bagian dalam gigi. Dengan mempelajari keseluruhan bentuk dan fungsi yang perlu dijalankan masing-masing gigi, Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi mampu menentukan jenis penanganan yang dibutuhkan masing-masing gigi untuk bertahan di dalam gusi dan rongga mulut.

Baca juga: Penting! Ini Syarat yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang Implan Gigi Depan

Apa Saja Tindakan yang Dilakukan oleh Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi?

Secara umum, Endodontist melakukan semua perawatan untuk menjaga kesehatan gigi seoptimal mungkin—mempertahankan gigi agar tidak perlu dicabut. Beberapa perawatan Endodontik yang biasa dilakukan oleh Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi adalah:

  • Penambalan gigi
  • Implan endodontik
  • Pembuatan dan pemasangan Veneer Gigi
  • Perawatan dan pencegahan gigi berlubang
  • Pengelolaan gigi yang mengalami trauma
  • Perawatan saluran akar non-bedah dan bedah minor
  • Perawatan lainnya untuk penyakit yang dapat mengganggu kesehatan serta penampilan gigi

Mengapa Perlu Mengunjungi Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi?

Meski tidak melanjutkan pendidikan spesialisasi, Dokter Gigi Umum tetap memiliki ilmu menyeluruh seputar kesehatan gigi dan mulut. Sesuai tingkatan ilmunya, kasus yang dapat ditangani oleh Dokter Gigi Umum merupakan masalah yang mendasar saja.

Untuk kasus yang lebih kompleks dan serius, Dokter Gigi Umum akan merujuk para pasien untuk mengunjungi Dokter Gigi Spesialis. Jika keluhan gigi yang dialami masih bisa ditangani tanpa harus melakukan pencabutan, atau ketika pasien ingin mencoba mempertahankan gigi asli, maka Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi adalah pilihan yang tepat.

Berikut beberapa alasan mengapa pasien perlu mengunjungi Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi:

1. Pendidikan Lebih Mendalam

Setelah menyelesaikan pendidikan Kedokteran Gigi Umum, para Dokter Gigi kembali bersekolah selama kurang lebih 2 sampai 3 tahun untuk menjadi seorang Endodontist. Selama masa pendalaman ilmu Konservasi Gigi, Endodontist mendapatkan pelatihan khusus untuk perawatan Endodontik.

2. Koordinasi Tangan dan Mata yang Terlatih

Salah satu pelatihan intensif yang harus dijalani oleh Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi adalah ketepatan koordinasi tangan dan mata. Seorang Endodontist harus memiliki kemampuan koordinasi yang luar biasa agar mampu melakukan perawatan Konservasi Gigi yang rumit dengan terampil.

3. Peralatan Khusus dengan Teknologi Terkini

Merawat dan menjaga gigi asli seorang pasien bukanlah hal yang mudah. Karena itu, Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi juga memanfaatkan teknologi terkini dengan peralatan khusus dalam perawatan saluran akar maupun penyakit gigi lainnya.

Baca juga: Rekomendasi Klinik Gigi Anak yang Membuat Anak Nyaman Periksa Gigi

Kapan Perlu Mengunjungi Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi?

Menurut situs American Association of Endodontists, ada beberapa kondisi gigi tak nyaman yang bisa menjadi tanda bahwa seseorang perlu mengunjungi Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi. 

  • Gigi terasa sakit
  • Gigi patah
  • Gigi sensitif terhadap panas atau dingin
  • Terjadi pembengkakan di sekitar gigi, gusi, atau wajah

Jika Sahabat AUDY merasakan beberapa gejala tersebut, maka sebaiknya segera membuat janji untuk bertemu Endodontist terpercaya di Klinik Dokter Gigi Spesialis AUDY Dental terdekat.

Berapa Biaya Konsultasi ke Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi?

Untuk mengetahui biaya keseluruhan yang diperlukan saat mengunjungi Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi, maka diperlukan diagnosa terlebih dahulu. Pasalnya, hasil akhir biayanya sangatlah bervariasi tergantung kondisi kesehatan gigi dan mulut serta  tindakan yang diperlukan masing-masing pasien.

Apakah ada gigi yang perlu ditambal, atau saluran akar yang perlu dibedah, sebelum kemudian dipasangkan Veneer Gigi, semua dapat diketahui setelah Endodontist memberikan diagnosanya. Jika Sahabat AUDY ingin mengetahui perkiraan biaya dari masing-masing tindakan, bisa segera berkunjung atau menghubungi AUDY Dental.

Carilah Klinik Dokter Gigi Spesialis AUDY Dental yang paling dekat dari rumah, dan segera buat janji konsultasi dengan Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi pilihan. Siap melayani Sahabat AUDY, sampai bertemu di klinik!

Baca juga: Penting! Ternyata Tidak Semua Gigi Bisa Dilakukan Veneer Gigi