Pasang Gigi Palsu Terdekat dan Terpercaya di Klinik Dokter Gigi Spesialis

Pasang Gigi Palsu Terdekat dan Terpercaya

Menurut situs Oral Health Foundation, celah di antara gigi dapat membuat gigi sekitarnya bergerak dan menempati sebagian ruang yang kosong tersebut, sehingga posisi gigi menjadi miring. Hal ini dapat berpengaruh terhadap cara menggigit dan berisiko merusak gigi lain di sekitarnya. Jika gigi asli benar-benar sudah tidak bisa dipertahankan lagi, berarti sudah saatnya mencari tempat pasang gigi palsu terdekat untuk mengganti gigi tersebut dengan gigi palsu.

Setiap gigi memiliki kegunaannya masing-masing sebagai bagian dari struktur kerja mulut. Penggunaan gigi palsu sebagai pengganti gigi asli dapat membantu jaga fungsi makan, fungsi bicara, dan fungsi mulut secara keseluruhan.

Namun, pasang gigi palsu juga tidak boleh asal. Pemasangan yang tidak tepat dapat berujung pada masalah gigi yang serius. Jika sudah harus menggunakan gigi palsu, maka carilah tempat pemasangan gigi palsu terdekat di Klinik Dokter Gigi Spesialis yang memiliki Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia. 

Pasang Gigi Palsu ke Dokter Gigi Spesialis Apa?

Pada dasarnya, semua Dokter Gigi telah dibekali kemampuan untuk melakukan prosedur pemasangan Gigi Palsu untuk kasus yang ringan. Namun untuk kasus yang tergolong berat, maka pasien akan dirujuk kepada Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia yang telah mempelajari ilmu penggantian dan restorasi gigi dengan lebih mendalam.

Jenis kasus yang ditangani oleh para Spesialis Prostodonsia adalah masalah gigi dan mulut yang lebih kompleks dan telah melewati batas kemampuan Dokter Gigi Umum. Masa pendidikan yang lebih lama dan spesifik, memungkinkan para Dokter Gigi lulusan Spesialisasi Prostodonsia untuk memberikan diagnosa, rekomendasi, dan perawatan yang lebih baik perihal penggunaan gigi palsu.

Beberapa prosedur yang ditangani oleh Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia adalah implan gigi, penggantian gigi, serta penanganan sendi. Setiap tahapan dilakukan dengan lebih mendetail, mulai dari pemeriksaan, diagnosa, rekomendasi, pembuatan, pemasangan, bahkan hingga tahap pemulihan kesehatan gigi dan mulut pasien.

Penting untuk memastikan semua tahapan prosedur berjalan dengan baik, benar, dan sesuai. Tujuannya adalah mengembalikan fungsi kerja mulut secara keseluruhan dan rasa nyaman pada sang pasien. Jangan salah pilih spesialisasi, carilah Spesialis Prostodonsia untuk pasang gigi palsu terdekat dari lokasi rumah tinggal.

Baca juga: Serba Serbi Pemasangan dan Harga Veneer Gigi di Klinik Dokter Gigi Spesialis

Di Mana Klinik Terpercaya untuk Pasang Gigi Palsu Terdekat?

Penggunaan gigi palsu untuk mengganti gigi asli yang sudah tidak mampu menjalankan fungsinya sangatlah penting. Namun, bukan berarti asal pilih dan pasang gigi palsu hanya untuk mengisi rongga, gigi palsu yang tak sesuai justru bisa berujung pada masalah penyakit gigi lainnya.

Penentuan jenis, pembuatan, hingga pemasangan gigi palsu akan berbeda tergantung kondisi kesehatan gigi dan mulut masing-masing pasien. Karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia yang telah dibekali ilmu mendalam seputar penggantian dan restorasi gigi.

Tak perlu bingung mencari Spesialis Prostodonsia yang sudah berpengalaman, cukup kunjungi Klinik Dokter Gigi Spesialis AUDY Dental terdekat. Selain Spesialis Prostodonsia, AUDY Dental juga menaungi berbagai Dokter Gigi Spesialis lainnya, seperti di antaranya Dokter Gigi Spesialis Ortodonti, Konservasi Gigi, dan Bedah Mulut.

Untuk menemukan klinik terpercaya dan berpengalaman pasang gigi palsu terdekat dari rumah, klik di sini.

Apa Saja Jenis Gigi Palsu?

Pada garis besarnya, jenis gigi palsu terbagi menjadi dua, lepasan dan permanen. Kemudian masing-masing jenis gigi palsu kembali terbagi menjadi beberapa varian lagi dengan bentuk, fungsi, dan kebutuhan pemakaian yang berbeda.

1. Gigi Palsu Lepasan

Gigi Palsu yang dapat dilepas pasang ini dibuat dengan menyesuaikan ruang kosong bekas gigi asli yang telah tanggal. Proses pemasangan Gigi Palsu Lepasan lebih mudah dan minim rasa sakit daripada jenis Gigi Palsu Permanen. Gigi Palsu Lepasan terbagi menjadi beberapa jenis sesuai bahan materialnya:

  • Gigi Palsu Lepasan Akrilik

Platnya terbuat dari akrilik yang relatif lebih tebal, sementara pemasangannya memanfaatkan cengkeram kawat. Harganya merupakan yang paling terjangkau. Cocok untuk penggantian gigi dalam jumlah besar.

  • Gigi Palsu Lepasan Frame Logam

Plat bagian dalam yang terbuat dari logam bisa dibuat menjadi sangat tipis, menjadikannya salah satu pilihan yang paling nyaman. Pemasangannya juga menggunakan cengkeram logam untuk penggantian gigi dalam jumlah besar.

  • Gigi Palsu Lepasan Valplast Nylon Thermoplastic

Dikenal juga dengan Flexi Denture, bahan Nylon Thermoplastic yang digunakan membuatnya lebih lentur dan tidak mudah patah. Jenis gigi palsu ini cocok untuk penggantian gigi yang sedikit.

2. Gigi Palsu Permanen

Sesuai namanya, Gigi Palsu Permanen biasanya melibatkan bagian yang ditanam dalam gusi atau ditempel dengan alat perekat yang membuatnya tidak bisa dilepas pasang. Terdapat tiga jenis Gigi Palsu Permanen yang sudah cukup familiar di telinga orang-orang:

  • Implant

Jenis Gigi Palsu Permanen yang paling terasa nyaman saat digunakan. Implant memiliki akar buatan yang ditanam ke dalam gusi, dengan penyangga dan mahkota buatan yang tampak seperti gigi asli.

  • Crown

Crown digunakan jika kerusakan hanya berada pada bagian mahkota dan tidak mencapai akar gigi. Bentuk Crown serupa dengan mahkota gigi dan berperan sebagai pengganti mahkota gigi yang sudah rusak.

  • Bridge

Bernama Bridge, Gigi Palsu Permanen ini memiliki konsep serupa jembatan. Bagian Crown dipasang pada gigi di sekitar ompong untuk menjadi penyangga gigi palsu yang diposisikan pada rongga kosong tersebut.

Baca juga: Gigi Palsu Tanam, Pahami Kelebihan dan Prosedurnya

Berapa Biaya Pemasangan Gigi Palsu?

Biaya pemasangan gigi palsu sangatlah beragam tergantung hasil diagnosa dari Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia. Beberapa aspek pertimbangannya adalah kondisi kesehatan gigi dan mulut pasien, jenis gigi palsu yang dibutuhkan, hingga berapa buah gigi palsu yang perlu dibuat.

Karena itu, pastikan untuk berkonsultasi dengan Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia yang berpengalaman dan terasa pas di hati Sahabat AUDY, ya. Yuk, buat janji konsultasi di Klinik AUDY Dental untuk pemasangan gigi palsu terdekat dan terpercaya. Booking sekarang dan sampai jumpa di klinik!

Baca juga: Jangan Ditunda! Ini Beberapa Hal yang Membuat Biaya Tambal Gigi Bertambah!