Lingual Braces: Kawat Gigi ‘Tak Terlihat’ Yang Bikin Gigimu Rapi Dari Dalam

memutihkan gigi

Halo, Sahabat Audy!

Beberapa orang sangat memperhatikan sisi estetika dalam penampilannya, terutama di bagian gigi dan mulut. Bila kamu termasuk salah satunya, maka kamu pastinya setuju kalau tampilan gigi harus rapi untuk menunjang senyum yang indah. Salah satu solusinya yaitu memasang kawat gigi yang dipasang pada permukaan gigi bagian luar baik yang sifatnya sementara/lepasan maupun yang permanen sesuai jangka waktu tertentu. Tapi apakah Sahabat Audy merasa tidak nyaman dalam prosesnya dan justru tidak percaya diri ketika menggunakan kawat gigi?

Sebagaimana kebutuhan orang yang berbeda-beda, ternyata ada lho jenis kawat gigi yang tidak banyak orang tahu. Namanya adalah kawat gigi lingual atau lingual braces, yaitu kawat gigi yang dipasang pada permukaan gigi bagian dalam sehingga memungkinkan penggunanya mendapatkan efek berbeda secara tampilan gigi maupun bentuk mulut yang tidak terasa maju bila dibandingkan dengan kawat gigi biasa. Nah Sahabat Audy, dengan bahan yang terbuat dari porselen, logam, hingga safir (sapphire), keunggulan kawat gigi ini salah satunya sangat menunjang estetika penampilan karena tidak terlihat dari permukaan luar gigi sehingga penggunanya bisa tersenyum lebih lebar dan merasa lebih percaya diri.

Mengenal Lingual Braces

Kawat gigi lingual diciptakan pertama kali oleh ahli orthodonti Amerika Serikat, Dr. Craven Kurz pada tahun 1976 dengan bantuan koleganya yaitu Dr. Jim Mulick dari School of Dentistry, UCLA. Dalam perkembangannya, kawat gigi lingual mulai menyebar ke seluruh dunia setelah diproduksi massal sejak tahun 1979 pertama kalinya oleh perusahaan orthodonti Ormsco. Meskipun tampak menguntungkan, kawat gigi lingual ternyata tidak cocok digunakan oleh pasien yang memiliki bukaan rahang yang kecil.

behel lingual audy dental
Behel lingual

Nah Sahabat Audy, proses pemasangan kawat gigi lingual ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama daripada kawat gigi biasa, lho. Proses awalnya, tentunya Sahabat Audy membutuhkan pemeriksaan klinis terkait kondisi masing-masing gigi. Bila gigi ada yang masih bermasalah seperti adanya karies maka akan dilakukan tindakan terlebih dulu sebelum pemasangan. Setelah semuanya siap, barulah dokter gigi akan mencetak gigi dan memprosesnya di laboratorium pencetakan gigi.

Setelah dilakukan pemasangan oleh dokter spesialis orthodonti, pasien juga dituntut untuk beradaptasi dengan berhati-hati ketika mengonsumsi makanan dan minuman dan juga aktivitas perawatan gigi harian seperti menyikat gigi karena posisinya yang berbeda dari kawat gigi biasa. Untuk itu, pengguna kawat gigi lingual juga mesti sering berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis orthodonti untuk menjaga performa rahang dan mulut selama waktu perawatan.

Sahabat Audy, untuk harga pasang kawat gigi lingual bertipe Clippy Lingual memiliki kisaran harga sekitar Rp36-37 juta, sedangkan untuk tipe Incognito Braces memiliki kisaran harga 7000 USD atau Rp95-96 juta.

Nah, kalau Sahabat Audy tertarik dan berniat untuk memasang kawat gigi lingual dan ingin bertanya soal harga pasang kawat gigi lingual, maka bisa langsung mendatangi klinik gigi Audy Dental pada cabang terdekat di kotamu ya. Tentunya, servis perawatan gigi dan yang lain sebagainya didukung juga oleh dokter yang profesional serta fasilitas yang modern dan canggih.

Tunggu apalagi, Sahabat Audy? Segeralah berkunjung ke klinik Audy Dental!