Catat Ya, Ini Hal Yang Kamu Harus Ketahui Tentang Bleaching Gigi Internal

Halo, Sahabat Audy!

Hampir semua orang pasti menginginkan tampilan gigi yang putih dan cerah, agar penampilan kita selalu terjaga dan prima sehingga menumbuhkan rasa percaya diri yang lebih tinggi. Akan tetapi, tantangan yang paling berat itu adalah soal kebiasaan kita mengonsumsi makanan atau minuman yang akan berefek langsung pada bentuk, fungsi, sampai warna gigi. Dengan kata lain, kondisi gigi yang putih dan cerah itu tidak datang secara cuma-cuma lho, Sahabat Audy. Butuh perawatan yang ekstra untuk menjaganya, atau justru kamu ingin mulai memperbaiki kondisi gigimu?

Nah Sahabat Audy, bleaching gigi merupakan salah satu solusi untuk mengembalikan warna gigi menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya. Bleaching gigi merupakan sebuah proses perawatan gigi dengan menggunakan bahan kimia tertentu, yang bertujuan untuk mendapatkan warna gigi yang tampak lebih putih dan cerah. Nah, proses pemutihan gigi ini menggunakan suatu bahan kimia yang mengandung senyawa peroksida, biasanya berupa jenis carbamide peroksida dan hidrogen peroksida. Metode penggunaan bleaching pada dasarnya seperti melapisi gigi dengan cairan sehingga nantinya akan memutihkan warna gigi secara simultan.

Ketika Sahabat Audy memillih bleaching gigi, pada umumnya kamu akan diperkenalkan dengan dua metode yang sering digunakan, diantaranya adalah metode bleaching at home dan in office. Seperti istilahnya, metode at home adalah proses bleaching yang dapat dilakukan sendiri di rumah dengan takaran yang disarankan oleh dokter gigi, sedangkan metode in office adalah proses bleaching yang dilakukan di klinik gigi dengan bantuan dokter gigi secara langsung. Dua metode tersebut dikenal dengan teknik bleaching gigi eksternal.

Nah, bagaimana ya dengan teknik bleaching gigi internal? Kamu mungkin perlu tahu juga untuk nantinya bisa mengetahui teknik bleaching mana yang cocok untuk kondisi gigimu. Ketahui hal-hal terkait berikut ini ya, Sahabat Audy!

Bleaching gigi internal bersifat lebih khusus

Berbeda dengan teknik bleaching gigi eksternal (baik home bleaching maupun in-office bleaching), bleaching gigi internal itu digunakan untuk kondisi gigi yang sudah melewati perawatan endodontik dengan perubahan warna yang sifatnya intrinsik. Nah Sahabat Audy, kondisi ini membutuhkan perawatan estetik agar dapat mengembalikan karakteristik warna kromatik yang mirip dengan gigi sebelahnya, terutama pada kondisi gigi yang nekrosis yang sudah tidak bisa dikembalikan warnanya dengan prosedur bleaching eksternal.

Memiliki dua metode

Sahabat Audy, prosedur bleaching gigi internal ini juga punya dua metode lho sama seperti bleaching gigi eksternal. Nah, dua metode ini terbagi sebagai berikut:

  1. Metode walking bleach, yaitu metode bleaching dengan melibatkan pengeboran lubang ke ruang pulpa, lalu dibersihkan dan di-seal. Setelahnya, dilakukan pengisian saluran akar dengan substansi seperti karet dengan menempatkan gel peroksida ke dalam ruang pulpa.
  2. Metode termokatalitik, yaitu metode pemutihan dengan meletakkan material oksidator di dalam pulpa dan kemudian memanaskannya. Panas ini diperoleh dari lampu, alat yang dipanaskan, atau alat pemanas listrik yang dibuat khusus untuk memutihkan gigi.
  3. Metode kombinasi, yaitu gabungan antara metode walking bleach dengan metode termokatalitik untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat karena dapat dilakukan secara bergantian.

Nah Sahabat Audy, setelah kamu mengetahui beberapa hal tentang bleaching gigi internal tersebut, tentunya tinggal untuk memilih jasa dokter atau klinik gigi yang profesional untuk melakukan bleaching, kan? Jangan bingung, karena kamu tinggal mengunjungi cabang klinik Audy Dental yang terdekat di kotamu. Disana kamu akan menemui dokter yang berkompeten di bidangnya dan juga dilayani dengan fasilitas terbaik untuk mengembalikan fungsi estetika dari gigi kamu tentunya.

Yuk, kunjungi Audy Dental segera!