Bahaya Karang Gigi Apabila Tidak Dibersihkan

Karang gigi yang sudah menempel memang sulit dihilangkan secara mandiri. Perlu bantuan dokter gigi untuk membersihkannya. Bisa dengan cara scaling manual maupun menggunakan Ultrasonic Scaler.

Karang gigi merupakan plak yang mengeras akibat proses mineralisasi. Ketika sudah menumpuk akan berbahaya jika dibiarkan terus-menerus. Ada beberapa masalah kesehatan yang kemungkinan timbul jika tidak segera ditangani. Berikut masalah-masalah kesehatan yang bisa terjadi apabila karang gigi dibiarkan menumpuk!

1. Periodontitis

Apabila karang gigi dibiarkan menumpuk hingga mengakibatkan radang gusi, siap-siap kamu bisa mengalami periodontitis. Penyakit ini tergolong sulit disembuhkan. Periodontitis ditandai dengan gusi lunak, bengkak, berdarah, adanya kantong nanah antara gusi dan gigi, sakit saat digunakan untuk mengunyah hingga gigi lepas.

1. Radang gusi

Karang gigi yang menumpuk bisa menyebabkan radang gusi. Ini termasuk jenis penyakit gusi stadium awal. Gejala yang bisa dikenali seperti gusi bengkak, gusi berwarna merah tua, gusi berdarah dan terasa nyeri.

1. Gigi berlubang

Banyaknya karang gigi yang menempel bisa membuat gigi sulit dibersihkan. Masalah ini membuat gigi mengalami kerusakan hingga berlubang. Selain itu, karang gigi bisa menyebabkan gigi mudah lepas. Hal ini terjadi karena tulang penyangga gigi perlahan terkikis dan membuat gigi mudah goyah.

1. Bau mulut

Karang gigi bisa memberi ruang yang bagus untuk bakteri tumbuh. Bakteri-bakteri yang ada di karang gigi inilah bisa menyebabkan bau tidak sedap.

1. Pemicu timbulnya penyakit jantung dan paru-paru

Apabila karang gigi tidak dibersihkan dan dibiarkan menumpuk ini bisa memicu timbulnya penyakit paru-paru dan jantung. Sebab, bakteri yang berkembang bisa mengalir ke dalam darah dan menimbulkan penyakit tersebut.

Beberapa dampak akibat karang gigi di atas tentu akan sangat mengkhawatirkan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, membersihkan karang gigi sangatlah penting.

Apabila Sahabat Audy ingin membersihkan karang gigi, kamu bisa datang langsung ke klinik gigi Audy Dental terdekat di kotamu. Di Audy Dental, kamu bisa mendapatkan pelayanan perawatan gigi oleh dokter gigi yang profesional dan dilengkapi oleh fasilitas serta peralatan yang modern dan canggih.