Ingin Gigi Palsu Permanen Tahan Lama? Simak 6 Tipsnya

Ingin Gigi Palsu Permanen Tahan Lama Simak 6 Tipsnya

Adakah di antara Sahabat AUDY yang sudah pernah memasang gigi palsu permanen? Bagaimana, nih rasanya? Pasti lebih nyaman, ya daripada harus repot lepas pasang. Tapi jangan lupa lho, untuk merawatnya supaya tahan lama. Karena walaupun terbuat dari bahan yang sesuai standar, kalau tidak dirawat bisa saja jadi ternoda atau malah menjadi rusak. Simak yuk beberapa tips mudah yang bisa dipraktekkan sendiri agar gigi palsu jadi tahan lama!

Alasan Merawat Gigi Palsu Permanen

Berbagai jenis gigi buatan baik itu implan, crown, ataupun bridge tentunya bisa rusak apabila tidak mendapatkan perawatan yang semestinya. Gigi palsu permanen, seperti halnya gigi lepasan bisa saja terbuat dari porselen, resin ataupun metal. Sementara untuk kerangkanya sendiri terbuat dari bahan logam seperti titanium yang telah terjamin paling sedikit dampaknya pada tubuh. 

Menurut situs Thedentureclinic, sampai saat ini kombinasi bahan akrilik, porselen, zirconia dan metal menjadi salah satu bahan yang paling sering dipakai dalam pembuatan gigi palsu. Tentunya tiap bahan ini mempunyai kelemahannya masing-masing. Pada awalnya porselen menjadi bahan yang paling sering digunakan dalam pembuatan gigi palsu. Hal itu karena kekuatan dan bentuknya yang sangat menyerupai gigi asli, walaupun harganya yang paling mahal dibandingkan bahan lainnya. 

Sementara itu, untuk bahan akrilik sendiri faktanya lebih cepat aus dibandingkan gigi porselen. Namun karena harganya yang lebih murah dan lebih ringan, bahan ini yang lebih banyak digunakan untuk gigi palsu lepasan. Selain itu bisa langsung melekat pada plat gigi dibandingkan dengan bahan porselen yang lebih kaku. Walaupun begitu kedua bahan ini tentunya bisa ternoda dan rusak akibat benturan ataupun hal lainya. Selain itu, jika sampai terjadi kerusakan yang cukup parah, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Baca juga: Berbagai Jenis Gigi Palsu

6 Hal yang Membuat Gigi Palsu Permanen Tahan Lama

Dengan biaya dan waktu yang diperlukan untuk memasangnya tentu kita harus menjaga ketahanan dari gigi buatan ini. Seperti dilansir dari sumber ini, berikut beberapa tips yang bisa dipraktikkan untuk menjaga gigi palsu menjadi lebih tahan lama. 

Jangan menunda waktu kontrol

Ketika proses pemasangan gigi palsu permanen oleh dokter gigi spesialis, ada berbagai tahapan yang perlu dilakukan. Mulai dari pencabutan gigi yang rusak, pencakokan tulang, pemasangan implan, penyangga, dan mahkota. Biasanya proses yang dibutuhkan cukup lama mulai dari 3 sampai 9 bulan bergantung dari kecepatan tulang kita dalam menyangga gigi implan tersebut. Karena itu pada proses tersebut jangan sampai melewatkan waktu kontrol yang terlewat sedikit saja dapat berakibat fatal pada hasilnya.

Kurangi makanan keras dan mengigit es batu

Berikutnya beralih ke makanan yang dikonsumsi setelah pemasangan gigi palsu permanen. Pada bulan-bulan awal, tentu dokter akan merekomendasikan untuk memakan makanan yang lembut terlebih dahulu untuk membiasakan kita menggunakan gigi palsu tersebut. Baru setelahnya kita bisa makan makanan seperti biasa. Namun untuk Sahabat AUDY yang memiliki kebiasaan makan makanan keras dan mengigit es batu, lebih baik tinggalkan dulu kebiasaan tersebut.

Hindari konsumsi rokok dan alkohol

Seperti dilansir dari rsgmunimus.com, untuk yang sudah memasang gigi palsu permanen ataupun lepasan namun masih mengonsumsi rokok dan alkohol, lebih baik ditinggalkan dulu demi kebaikan gigi. Alkohol terbukti dapat membuat enamel gigi melunak, belum lagi kandungan gula yang dapat menimbulkan karies dan mengubah struktur gigi.  

Menjaga kebersihan gigi secara teratur 

Kalau yang ini tentunya bagus apabila sudah menjadi kebiasaan. Namun untuk Sahabat AUDY yang belum, yuk mulai rajin untuk menjaga kebersihan gigi. Hal tersebut seperti sikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur. Lalu menggunakan dental floss untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi. Dan tentunya menggunakan obat kumur, terutama yang mengandung Chlorhexidine untuk menghambat pertumbuhan plak gigi di sekitar gigi palsu permanen. 

Rutin memeriksakan kesehatan gigi

Terakhir, jangan lupa untuk selalu rutin melakukan pemeriksaan gigi. Tentunya hal ini tergantung dengan dokter tempat melakukan pemasangan gigi palsu. Karena setiap orang memiliki kesehatan gigi yang berbeda pula. Selalu tanyakan juga apabila terdapat rasa tidak nyaman akibat pemasangan gigi palsu sehingga dokter dapat meresepkan obat yang sesuai. Jangan lupa juga pilih klinik yang memiliki Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia seperti AUDY Dental Clinic supaya tidak perlu khawatir lagi untuk mencari dokter yang berpengalaman. 

Baca juga: Mengenal Prosthodonti, Dokter Gigi Spesialis untuk Memasang Gigi Palsu 

Pasang gigi palsu permanen di klinik gigi spesialis

Pentingnya pasang gigi palsu di klinik gigi spesialis untuk mendapat penanganan dari dokter yang ahli dan berpengalaman. Mengingat prosedur yang dilakukan untuk pemasangan gigi palsu ini sangat kompleks dan rumit.

Untuk Sahabat AUDY yang belum pasang gigi permanen tapi berminat untuk melakukan pemasangan karena harganya lumayan mahal. AUDY Dental clinic sebagai klinik gigi spesialis memiliki penawaran menarik. AUDY Dental menyediakan berbagai cara pembayaran, salah satunya adalah program cicilan tanpa kartu kredit yang bekerja sama dengan Blibli dan Kredivo. Untuk info lebih lengkapnya, klik link price list di bagian atas situs ini, atau jika ingin berkonsultasi, segera buat janji dengan dokter spesialis AUDY. 

Itulah beberapa penjelasan, rekomendasi perawatan dan harga dari pemasangan gigi palsu permanen. Selalu lakukan perawatan yang teratur agar mendapatkan hasil yang tahan lama. Sahabat AUDY dapat menemukan berbagai info lainnya tentang kesehatan gigi di situs ini dengan menggunakan fitur pencarian di atas. Semoga bermanfaat dan sehat selalu ya, Sahabat Audy!