Sering Disangka Mahal, Ini Harga Pasang Veneer Gigi di Klinik Gigi Spesialis

Sering Disangka Mahal, Ini Harga Pasang Veneer Gigi di Klinik Gigi Spesialis

Tak hanya perihal kesehatan, ada kalanya seseorang juga memiliki keperluan estetika untuk tampilan gigi dan mulut mereka. Warna gigi menguning, gigi yang berjarak, bentuk yang tidak proporsional, hingga gigi patah atau retak, adalah beberapa situasi yang memerlukan perawatan estetika. Salah satu tindakan yang bisa dilakukan adalah pemasangan veneer gigi oleh Dokter Gigi Spesialis. Sering dikira mahal, mari kita bahas lebih dalam mengenai harga pasang veneer gigi di Klinik Gigi Spesialis.

Apa saja jenis bahan Veneer Gigi di Klinik Gigi Spesialis?

Untuk menentukan harga pasang veneer gigi, hal yang perlu dipahami terlebih dahulu adalah pilihan material veneer yang tersedia. Hal ini sangat penting karena harga pasang veneer gigi secara keseluruhan akan berbeda tergantung jenis veneer yang dipilih.

1. Veneer Composite (Direct)

Sesuai namanya, veneer satu ini dibuat dari material dental resin composite. Pemasangannya cenderung lebih cepat, pasien hanya perlu melakukan satu kali kunjungan selama kurang lebih 90 menit.

Veneer composite juga dikenal dengan nama veneer direct. Hal ini dikarenakan proses pemasangan yang langsung dilakukan pada gigi. Dokter Gigi Spesialis akan membentuk resin composite tersebut langsung pada permukaan gigi. Prosesnya serupa dengan tindakan tambal gigi, namun bukan menutup lubang, melainkan memasang composite pada lapisan terluar gigi yang dikenal juga dengan lapisan enamel.

Untuk menyesuaikan selera dan kebutuhan masing-masing pengguna, veneer composite hadir dengan dua pilihan warna, yaitu natural white dan super white. Veneer direct dapat bertahan selama 2-5 tahun pemakaian normal.

2. Veneer Porcelain (Indirect)

Jenis bahan berikutnya yang kerap digunakan di Klinik Gigi Spesialis adalah veneer porcelain. Meski proses pemasangannya membutuhkan dua kali kunjungan, namun veneer ini cukup populer pada kalangan para pengguna veneer.

Pasalnya, veneer dengan bahan porcelain yang dicetak di laboratorium ini memiliki tampilan yang lebih menyerupai gigi asli. Tak hanya itu, daya tahannya pun lebih lama jika dibandingkan dengan veneer composite.

Sesuai dengan nama lainnya, yaitu veneer indirect, veneer ini tidak dipasang langsung pada gigi. Pada kunjungan pertama, gigi akan dicetak terlebih dahulu. Hasil cetakan kemudian akan dikirim ke laboratorium. Sementara menunggu, pasien bisa menggunakan veneer sementara dengan biaya tambahan.

Waktu jeda yang dibutuhkan untuk pencetakan veneer porcelain di laboratorium adalah sekitar dua minggu. Namun pengorbanan waktu dan materi tidak mengkhianati hasil, karena veneer porcelain memiliki warna yang lebih stabil dan bahan kuat yang mampu bertahan hingga belasan tahun dalam pemakaian normal.

Baca juga: Mengenal Komposit dan Porcelain, Bahan Terbaik Untuk Veneer Gigi

Berapa harga pasang Veneer Gigi di Klinik Gigi Spesialis?

Kata spesialis kerap menunjukkan keahlian mendalam seseorang terhadap suatu bidang. Artinya, orang tersebut telah menginvestasikan waktu dan materi yang lebih banyak untuk menjadi ahli dalam bidang tersebut.

Menurut situs berikut, Dokter Gigi Spesialis adalah praktisi kesehatan terdaftar yang telah menyelesaikan minimal dua tahun praktik gigi umum dan sepenuhnya memenuhi persyaratan untuk pendaftaran umum sebagai dokter gigi.

Pengetahuan yang lebih luas kemudian membuat nilai keahlian mereka menjadi lebih tinggi. Karena alasan tersebut, wajar jika banyak orang berpikir bahwa biaya mengunjungi seorang spesialis akan lebih mahal daripada ahli yang lebih umum.

Namun, jika dibandingkan dengan kedalaman diagnosa, tingkat pelayanan, serta hasil yang tahan lama, berinvestasi pada Dokter Gigi Spesialis bisa jadi adalah pilihan yang lebih tepat dan hemat. Tak hanya perihal uang, waktu yang berharga juga bisa habis untuk berulang kali mengunjungi tempat pelayanan karena hasil yang tidak maksimal dan tidak tahan lama.

Tersedia beberapa pilihan harga pasang veneer gigi sesuai pilihan bahan dan tindakan yang diperlukan sesuai kondisi.

1. Harga Pasang Veneer Gigi Composite

Meski hasil warna dan tampilan akhir veneer composite tidak seindah veneer porcelain, harga pasang veneer gigi composite cenderung lebih murah. Harganya tentu akan berbeda dan berubah seiring waktu, namun Klinik Gigi Spesialis saat ini membandrol pelayanan terbaiknya dengan harga mulai dari Rp1.200.000 per gigi.

Pasien diberikan kebebasan untuk menentukan jumlah gigi yang akan dipasangkan veneer. Namun tentu saja para Dokter Gigi Spesialis pilihan akan selalu siap memberikan rekomendasi sesuai dengan diagnosa mendalam dari situasi gigi dan mulut masing-masing pasien.

2. Harga Pasang Veneer Gigi Porcelain

Sesuai dengan warna yang lebih stabil dan hasil tampilan akhir yang lebih menyerupai gigi asli, harga pasang veneer gigi porcelain memang cenderung lebih mahal. Namun daya tahannya jelas jauh lebih kuat dan tahan lama.

Sama dengan veneer composite, harga pasang veneer gigi porcelain juga bervariasi sesuai klinik pemasangan dan akan berubah seiring waktu. Sebagai acuan, biaya pasang veneer gigi porcelain di Klinik Gigi Spesialis saat ini sekitar Rp5.000.000 per gigi. Namun jika cukup beruntung, Klinik Gigi Spesialis berpengalaman juga kerap mengadakan promo potongan harga hingga jutaan rupiah untuk pemasangan veneer gigi indirect ini.

Pada pemasangan veneer porcelain, terdapat juga biaya tambahan untuk pencetakan gigi. Secara umum, harga untuk pencetakan gigi berkisar pada Rp500.000 – Rp700.000. Pasien juga bisa memilih veneer sementara untuk digunakan selama menunggu veneer porcelain selesai dibuat di laboratorium. Biaya tambahan untuk veneer sementara ini berada pada kisaran Rp350.000 per gigi.

Baca juga: Serba Serbi Pemasangan dan Harga Veneer Gigi di Klinik Dokter Gigi Spesialis

Berapa lama daya tahan veneer gigi?

Daya tahan semua jenis veneer gigi sangat bergantung dengan perawatan selama masa pemakaiannya. Jika pengguna dapat menjaga veneer dengan baik selama digunakan, maka veneer composite dapat bertahan selama 2 sampai 5 tahun.

Berbeda dengan composite, veneer porcelain dapat bertahan lebih lama dalam pemakaian normal. Bahan yang kuat membuat veneer porcelain mampu bertahan hingga belasan tahun. Tak ada yang murah maupun mahal, semua sesuai dengan pilihan tingkat kualitas dan kenyamanan masing-masing pengguna.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan Dokter Gigi Spesialis dan Klinik Gigi Spesialis yang akan dipercaya untuk melakukan veneer gigi tersebut. Untuk mendapatkan kualitas terbaik, pastikan untuk memilih tempat yang memberikan layanan terbaik, seperti salah satunya adalah Klinik Gigi Spesialis AUDY Dental.

Masih ragu dengan pilihan veneer gigi yang sesuai untuk Sahabat AUDY? Tak perlu bingung, kunjungi langsung klinik AUDY Dental terdekat untuk berkonsultasi dan mendapatkan penjelasan langsung dari para Dokter Gigi Spesialis terpercaya. Yuk, booking sekarang! Sampai jumpa di klinik, Sahabat AUDY!

Baca juga: Veneer Gigi atau Bleaching, Mana yang Lebih Tahan Lama