Harga Gigi Tiruan Lepasan dan Serba Serbi Pemasangannya

Harga Gigi Tiruan Lepasan dan Serba Serbi Pemasangannya

Sebagian besar orang ragu untuk menggunakan gigi palsu karena khawatir dengan berbagai hal. Mulai dari kurangnya pemahaman memilih jenisnya, bagaimana cara menggunakannya, hingga khawatir jika harga gigi tiruan lepasan yang direkomendasikan ternyata mahal.

Untuk menghilangkan kekhawatiran tersebut, kami akan membahas lebih lengkap dan menjawab beberapa pertanyaan populer mengenai serba-serbi gigi tiruan lepasan dalam artikel kali ini.

Mengapa kita perlu menggunakan gigi palsu?

Ketika gigi kita sudah tak bisa dipertahankan lagi atau harus dicabut karena berbagai situasi, maka penggunaan gigi tiruan lepasan adalah hal yang sangat direkomendasikan. Tak hanya perihal estetika, namun kondisi ompong atau tidak bergigi akan menyisakan rongga antar gigi yang dapat mengganggu fungsi kerja serta bentuk gigi dan mulut secara keseluruhan.

Menurut situs mouthhealthy.org milik American Dental Association (ADA), mengganti gigi yang hilang dapat memberikan pengaruh baik terhadap penampilan dan kesehatan seseorang. Pasalnya, gigi tiruan dapat bantu untuk menjaga fungsi makan dan berbicara yang dapat menurun setelah seseorang kehilangan satu atau lebih gigi mereka.

Selain itu, kehilangan semua gigi dapat membuat otot wajah kendur sehingga wajah terkesan jadi lebih tua. Pahami lebih dalam sebelum memutuskan, mari bahas mengenai jenis, pemasangan, hingga harga gigi tiruan lepasan yang dapat bantu jaga fungsi gigi dan mulut kita.

Apa itu gigi tiruan lepasan?

Gigi tiruan lepasan adalah salah satu jenis gigi palsu yang dapat dilepas-pasang. Biasanya, gigi tiruan lepasan terbuat dari bahan akrilik dan nylon. Namun, tak jarang juga yang membuat gigi palsu satu ini dari material metal. Pembuatannya dilakukan dengan cara menyesuaikan rongga antar gigi, yaitu tempat di mana posisi gigi seharusnya berada.

Apa saja jenis gigi tiruan lepasan?

Setelah berkonsultasi dengan Dokter Gigi Spesialis, mereka akan merekomendasikan jenis gigi palsu sesuai kebutuhan kondisi gigi dan mulut masing-masing pasien. Gigi tiruan lepasan terbagi menjadi 2 jenis besar yang berbeda, yaitu full denture dan half denture:

1. Gigi Tiruan Lepasan Lengkap (Full Denture)

Jika seseorang kehilangan seluruh gigi bagian atas atau gigi bagian bawah, maka dibutuhkan penggunaan gigi tiruan lepasan lengkap. Pembuatan gigi ini biasanya dilakukan dua kali penyesuaian. Pertama, saat semua gigi baru saja tanggal dan kemudian saat gigi telah sembuh total.

Hal ini dapat terjadi karena gusi dan tulang sekitar mulut akan berubah selama proses penyembuhan gigi—penyesuaian yang disebabkan hilangnya semua gigi dari struktur mulut. Karena itulah, gigi palsu yang tidak disesuaikan setelah proses penyembuhan tulang akan terasa tidak nyaman dan memiliki kemungkinan besar untuk menimbulkan masalah di kemudian hari.

Tak hanya bentuk dan ukuran gigi tiruan tersebut, warna gigi pun akan disesuaikan akan semakin terlihat natural saat digunakan. Harga gigi tiruan lepasan lengkap umumnya lebih mahal dari harga gigi tiruan lepasan sebagian. Hal tersebut wajar mengingat dibutuhkan satuan gigi lebih banyak pada full denture daripada partial denture.

2. Gigi Tiruan Lepasan Sebagian (Partial Denture)

Pencabutan gigi tetap bukanlah tindakan yang diambil dengan keputusan ringan. Jika kondisi sebagian gigi masih sehat dan tumbuh dengan benar, maka para Dokter Gigi Spesialis akan berusaha untuk mempertahankan gigi tersebut. Gigi tiruan lepasan sebagian kemudian dipasang pada rongga kosong yang ditinggalkan guna menjaga gigi asli lain di sekitarnya.

Untuk pemasangannya, gigi tiruan lepasan sebagian ini biasa dilengkapi dengan plat metal, akrilik, atau nylon untuk diselipkan pada gusi dan mencengkeram gigi asli di sekitarnya. Tak cuma selera kenyamanan, pemilihan material gigi palsu juga akan berpengaruh pada total harga gigi tiruan lepasan sebagian ini.

Baca juga: Pahami Sebelum Pasang, Ragam Jenis dan Biaya Pasang Gigi Palsu

Gigi ompong semua apakah bisa pakai gigi palsu?

Ya, tentu saja. Penggunaan gigi palsu atau gigi tiruan sangat direkomendasikan untuk pasien yang kehilangan semua giginya. Selain untuk menjaga fungsi makan dan kemampuan berbicara, gigi palsu juga diperlukan untuk menjaga kekencangan otot wajah dan meningkatkan rasa percaya diri.

Berapa lama ketahanan gigi palsu lepasan?

Pada umumnya, perawatan yang baik dan penggunaan yang bijak dapat menjaga umur gigi tiruan lepasan itu sendiri. Namun, penting untuk meninjau ulang gigi palsu lepasan 5 tahun setelah pembuatannya.

Pastikan  mengunjungi Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia untuk menilai keadaan gigi tiruan tersebut. Jika terjadi perubahan bentuk atau kerusakan pada gigi palsu, maka dibutuhkan pembuatan gigi palsu yang baru untuk menghindari munculnya masalah kesehatan gigi dan mulut di kemudian hari.

Amankah gigi palsu lepasan?

Aman. Namun, gigi palsu lepasan yang tidak dibuat dan disesuaikan dengan benar dapat menimbulkan masalah gigi dan mulut di kemudian hari. Misalnya, gigi palsu yang terlalu sempit atau terlalu longgar dapat melukai gusi dan menimbulkan sariawan. Selain itu, terlalu sering melepas pasang gigi tiruan juga dapat membuat gigi asli di sekitarnya jadi goyang.

Karena itu, sangat penting untuk bertanya pada Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia mengenai cara penggunaan dan perawatan gigi palsu yang baik. Selain untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan, harga gigi tiruan lepasan tidak jadi mahal karena tidak perlu terus diganti.

Baca juga: Pasang Gigi Palsu Lepasan Jangan Asal! Pahami Seluk Beluknya di Sini

Gigi palsu yg bagus seperti apa?

Gigi palsu yang bagus adalah yang dibuat dengan benar sesuai hasil pemeriksaan dari Dokter Gigi. Apapun jenis gigi tiruan yang kelak direkomendasikan oleh Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia, semua akan bertahan lama dan bekerja sesuai fungsinya jika dirawat dengan baik sesuai anjuran para dokter.

Berapa harga gigi tiruan lepasan?

Harga gigi tiruan lepasan sangatlah bervariasi. Mulai dari jumlah gigi, bahan, hingga jenis gigi palsu yang dibutuhkan sesuai masalah gigi dan mulut pasien. Sebagian harga gigi tiruan lepasan lebih murah, namun ada pula yang tergolong mahal.

Karena itu, pastikan untuk mengunjungi Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia untuk mendapatkan rekomendasi gigi palsu yang benar dan berkualitas. Semua akan sepadan jika gigi tiruan lepasan Sahabat AUDY dapat bekerja sesuai fungsinya dan bertahan lebih lama.

Jika masih belum yakin, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia di klinik AUDY Dental. Para Spesialis Prostodonsia akan mengevaluasi masalah gigi dan mulut Sahabat AUDY sebelum kemudian menyarankan jenis gigi palsu yang dibutuhkan. Jelaskan keluh kesah dan kekhawatiran perihal masalah gigi dan mulut, dapatkan pelayanan yang aman dan nyaman di Klinik Gigi Spesialis, AUDY Dental.

Sampai bertemu di klinik!

Baca juga: Mengenal Prosthodonti, Dokter Spesialis Untuk Memasang Gigi Palsu