Cek Kesehatan Gigi Berkala: Proses, Harga, & Klinik Scaling Gigi Terdekat

Cek Kesehatan Gigi Berkala Proses, Harga, & Klinik Scaling Gigi Terdekat

Sudah bukan informasi baru lagi kalau kita perlu untuk melakukan cek kesehatan gigi rutin enam bulan sekali ke Dokter Gigi atau klinik scaling gigi terdekat untuk memastikan kesehatan gigi tetap terjaga. Pasalnya, tak sekedar untuk mengunyah dan berbicara, terdapat banyak saraf pada daerah gigi dan mulut yang bisa menyambung ke berbagai bagian pada tubuh kita.

“Tapi gigi saya tidak sakit kok, kenapa harus ke Dokter Gigi?”

Dilansir dari situs National Health Service of United Kingdom, pemeriksaan gigi secara berkala memungkinkan Dokter Gigi untuk menangani masalah gigi kamu lebih awal, atau bahkan mencegahnya sama sekali. Masalah yang dibiarkan dan tidak diatasi akan membuatnya lebih sulit untuk diobati di kemudian hari.

Rasa malas tentu dapat dipahami, namun sebenarnya prosesnya tak serumit itu, kok! Agar semangat cek rutin gigi kamu menyala lagi, pahami dulu prosedur scaling gigi di bawah ini, yuk.

Bagaimana prosedur saat pembersihan atau scaling gigi secara berkala?

Secara umum, scaling gigi adalah proses pembersihan plak atau karang gigi yang telah menempel di sekitar gigi hingga gusi. Namun sebenarnya, apa saja proses yang perlu kita jalani saat pembersihan? Berikut adalah beberapa langkah yang biasa dilakukan saat scaling gigi:

1. Pemeriksaan Keseluruhan

Dokter Gigi akan melakukan pemeriksaan menyeluruh pada rongga mulut kita untuk menemukan lokasi karang gigi. Pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan cermin khusus yang bantu memperlihatkan sisi bagian dalam gigi kita.

2. Anestesi Lokal

Pada sebagian kasus, Dokter Gigi mungkin akan memberikan anestesi lokal untuk menghilangkan rasa sakit selama proses scaling. Namun, jika kamu khawatir dengan penggunaan anestesi tersebut, kamu juga bisa mendiskusikannya terlebih dahulu dengan Dokter Gigi atau klinik scaling gigi terdekat dari lokasimu, ya.

3. Proses Pembersihan Plak

Setelah kedua proses awal di atas dijalani, biasanya pembersihan karang gigi akan dilakukan dengan penggunaan alat pengikis ultrasonic scaler untuk plak yang terlihat dan mudah dijangkau. Kemudian untuk bagian plak yang sulit untuk dijangkau, bila perlu Dokter Gigi akan menggunakan alat pengikis manual untuk mencungkil karang gigi dengan ujung runcing pada alat tersebut.

4. Pembersihan Lanjutan

Jika plak atau karang gigi sudah dibersihkan secara menyeluruh, jika diperlukan Dokter Gigi akan melakukan pembersihan lanjutan dengan sikat gigi elektrik dan benang gigi. Hal ini dilakukan untuk membersihkan plak gigi yang kerap terselip di antara gigi.

5. Polishing

Sebagai penutup, Dokter Gigi akan memoles gigi menggunakan brush khusus dan bahan poles  yang mengandung fluoride. Selain bisa membersihkan bekas plak yang mungkin menempel setelah dicungkil, mineral fluoride dengan dosis tepat juga memiliki kemampuan untuk memberi perlindungan pada gigi kita.

Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Bikin Karang Gigi Menumpuk

Mengapa kita harus melakukan pemeriksaan gigi rutin berkala?

Menurut Times of India, yang dilansir dari situs Kementerian Kesehatan Indonesia, terdapat tiga alasan mengapa kita harus rajin melakukan pemeriksaan gigi rutin berkala. Berikut ketiga alasannya:

1. Mengetahui Masalah Rongga

Dengan melakukan pemeriksaan gigi rutin berkala, Dokter Gigi memiliki akses lebih awal untuk mengetahui masalah rongga kita. Semakin cepat masalah ditangani, maka semakin hemat pula kita akan biaya treatment di masa mendatang yang justru bisa lebih besar jika penyakitnya semakin parah.

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan saran dan tips merawat gigi yang tepat dan sesuai dengan kondisi gigi dan mulut kita. Pemeriksaan ini bisa dilakukan langsung oleh Dokter Gigi di klinik scaling gigi terdekat.

2. Diagnosa Kesehatan Tubuh Secara Umum

Ternyata tak hanya perihal kesehatan gigi, Dokter Gigi juga bisa bantu mendiagnosa kondisi kesehatan tubuh kita secara umum melalui pemeriksaan gigi rutin berkala. Melalui pemeriksaan kondisi gigi dan gusi pada mulut, Dokter Gigi dapat melihat tanda-tanda penyakit serius yang sangat berbahaya seperti kanker.

3. Teknologi Canggih Mengurangi Rasa Sakit

Tidak hanya anak kecil, orang dewasa pun cukup banyak yang takut untuk mengunjungi dokter gigi karena dihantui kemungkinan rasa sakit. Beberapa juga memiliki trauma dari tontonan masa kecil yang membuat dokter gigi dan peralatannya terlihat begitu menyeramkan.

Padahal, seiring dengan teknologi yang semakin canggih, terdapat cukup banyak metode yang bisa mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman yang kerap muncul saat proses tindakan dan perawatan. Tak perlu takut duluan, kamu bisa kok berkonsultasi dengan Dokter Gigi atau klinik scaling gigi terdekat mengenai tingkatan rasa sakit yang mungkin muncul dan metode yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

Baca juga: Bahaya Karang Gigi Apabila Tidak Dibersihkan

Berapa harga scaling gigi di klinik scaling gigi terdekat?

Harga scaling gigi di klinik scaling gigi terdekat bisa bervariasi tergantung lokasi, tingkat kesulitan, tingkatan spesialis, hingga teknologi alat yang digunakan. Secara umum, biaya scaling gigi berkisar dari 300 ribu hingga 1 juta rupiah.

Namun, jika kamu ingin memastikan budget, kamu juga bisa berkonsultasi dulu dengan klinik scaling gigi terdekat dari lokasimu. Klik di sini untuk mencari layanan klinik Dokter Gigi Spesialis AUDY Dental yang paling dekat di kotamu. Sampai bertemu di klinik, ya!

Baca juga: Mau Membersihkan Karang Gigi? Berikut Ulasan Yang Mesti Kamu Tahu