Review Behel Gigi: Jenis, Lama Pemakaian, dan Harga

Review Behel Gigi: Jenis, Lama Pemakaian, dan Harga

Perlu dipahami bahwa penggunaan Behel Gigi adalah prosedur dental yang cukup rumit dan tidak asal. Prosedur Behel Gigi digunakan untuk memperbaiki Maloklusi (posisi atau susunan gigi dan rahang yang tidak normal). Karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Gigi Spesialis Ortodonti untuk memahami kebutuhan Behel atau Kawat Gigi sesuai diagnosa kondisi kesehatan gigi dan mulut masing-masing pasien.

Pernah menjadi tren gaya pada masanya, Behel Gigi pada dasarnya adalah bagian dari Ilmu Kedokteran Gigi Ortodonti. Namun, kondisi seperti apa sebenarnya yang membuat seseorang perlu menggunakan Behel Gigi, apa saja jenis yang tersedia, berapa lama durasi pemakaian yang diperlukan, mari bersama review Behel Gigi melalui artikel ini.

Apa Itu Maloklusi?

Maloklusi adalah kondisi gigi atau rahang tidak sejajar. Situasi ini dapat terjadi pada gigi dalam satu lengkung rahang maupun antar rahang. Bagi sebagian orang, situasi ini tidak menyebabkan masalah selain tampilan estetika. Namun, pada sebagian orang lainnya, kondisi Maloklusi dapat menyebabkan rasa sakit, kesulitan mengunyah, atau bahkan berbicara.

Beberapa penyebab Maloklusi adalah:

  • Cedera pada gigi
  • Kebiasaan buruk seperti mengisap jempol dan penggunaan dot
  • Kehilangan gigi
  • Faktor genetik

Mengapa Perlu Menggunakan Behel Gigi?

Meskipun terdengar sepele, namun tampilan gigi yang rapi dan sehat dapat meningkatkan rasa percaya diri sekaligus pengaruh positif dalam menjalani keseharian. Saat perlu melakukan public speaking, saat berbincang santai dengan teman dan kolega, bahkan sekedar saat menatap cermin, tentu perasaan jadi terasa lebih baik jika penampilan diri sendiri sesuai dengan apa yang diinginkannya.

Namun, keperluan penggunaan Behel atau Kawat Gigi tak terhenti di situ. Di balik alasan estetika, ada alasan yang juga tak kalah penting, yaitu kesehatan. Penggunaan behel untuk memperbaiki Maloklusi, memperbaiki kebengkokan pada gigi serta ruang berlebih yang mungkin ada di antara gigi juga bertujuan untuk mengembalikan fungsi kerja dan meningkatkan kesehatan mulut ke arah yang lebih baik.

Ketika telah dikembalikan pada posisi yang seharusnya, gigi dan gusi akan lebih mudah dibersihkan. Gigi yang lebih bersih akan mengurangi masalah gigi rusak, radang gusi (gingivitis), hingga tanggalnya gigi.

Baca juga: 4 Alasan Pasang Behel Gigi di Klinik Spesialis

Bagaimana Review Behel Gigi Sesuai Jenis yang Tersedia?

Behel Gigi tersedia dalam beberapa jenis. Pilihan penggunaannya akan ditentukan dari hasil pemeriksaan Dokter Gigi Spesialis Ortodonti serta preferensi selera masing-masing pasien. Berikut beberapa pilihan jenis Behel Gigi dan penggunaannya:

1. Review Behel Gigi Konvensional / Behel Metal

Behel Gigi Konvensional terbuat dari bahan anti karat kualitas tinggi, lengkap dengan bracket metal dan Orthodontic Ring dari stainless steel atau titanium. Behel Gigi satu ini merupakan jenis yang cukup terkenal berkat karet o-ring warna warni yang menjaga kawat agar tidak bergeser. Karet warna-warni ini membuat Behel Gigi Konvensional kerap jadi pilihan favorit para peminat gaya.

2. Review Behel Gigi Self-Ligating

Behel Self Ligating menggantikan fungsi karet elastis dengan klip untuk mengunci posisi kawat pada gigi. Dengan desain slot khusus untuk menjaga kawat tetap stabil, Behel Self Ligating mampu meminimalisir friksi (gesekan) serta memungkinkan rahang dan gigi untuk bergerak dengan lebih fleksibel. Behel jenis ini menggunakan teknologi terbaru yang mengatur pergerakan gigi secara lebih efektif dan efisien, sehingga jumlah kontrol yang diperlukan lebih sedikit dan durasi perawatannya bisa lebih singkat.

3. Review Behel Gigi Estetik

Cara kerja dan bentuk Behel Gigi Estetik serupa dengan Behel Gigi Konvensional, namun materialnya menggunakan bahan keramik. Berkat warna keramik yang serupa dengan warna gigi, tampilan behel jadi lebih tersembunyi dan terlihat lebih estetik. Cocok bagi pasien yang tidak suka menarik terlalu banyak perhatian.

4. Review Behel Gigi Lingual

Behel Gigi Lingual memiliki bahan anti karat berkualitas yang serupa dengan Bahan Konvensional, namun posisinya lebih tersembunyi dari Behel Estetik. Behel Gigi Lingual dipasang pada bagian belakang gigi, membuatnya hampir tidak terlihat sama sekali dari luar. Namun kemampuan penarikan Behel Gigi Lingual tidak sekuat jenis lainnya, sehingga penggunaannya hanya direkomendasikan untuk kasus yang ringan saja.

Baca juga: Mau Pasang Behel Gigi, Pahami Dulu Beberapa Hal Ini

Berapa Lama Hasil Pemakaian Behel Gigi?

Secara rata-rata, dibutuhkan waktu sekitar 1 sampai 3 tahun untuk mencapai hasil pemakaian Behel Gigi yang diinginkan. Namun pada praktiknya, seorang pasien pengguna behel dapat mencapai hasil lebih cepat maupun lebih lambat tergantung dari kondisi struktur gigi serta keadaan selama pemakaian Behel Gigi tersebut.

Menurut situs healthline, ada beberapa faktor pengaruh terhadap durasi penggunaan Behel Gigi pada seseorang:

1. Seberapa Parah Posisi Gigi

Lama pemakaian Behel Gigi akan berbeda-beda tergantung tingkat keparahan dari masalah gigi yang dialami serta prosedur tambahan yang mungkin dibutuhkan untuk pembetulan posisi gigi. Misalnya, kasus yang mengharuskan  pencabutan gigi untuk memperluas ruang pembetulan pada struktur gigi dalam rongga mulut.

2. Kesejajaran Gigitan

Gigitan (Bite) adalah sebutan untuk posisi kesejajaran gigi atas dan bawah. Ada beberapa posisi gigitan yang tidak sesuai dan membutuhkan perawatan, antara lain:

  • Open Bite. Gigitan Terbuka, posisi gigi depan atas dan bawah miring ke luar sehingga tidak bisa bersentuhan saat dikatupkan.
  • Deep Bite. Gigitan Dalam, posisi gigi bagian atas terlalu jauh ke depan.
  • Underbite. Posisi rahang bawah maju.
  • Cross Bite. Posisi gigi saling silang, tidak berbaris atau sejajar saat dikatupkan.

Beberapa jenis masalah gigitan ini membutuhkan waktu perbaikan yang lebih lama dibandingkan yang lainnya. 

3. Alat Ortodontik Tambahan

Karet elastis, Palatal Expander, maupun Headgear adalah beberapa contoh alat Ortodontik tambahan yang sering digunakan dalam prosedur Behel Gigi. Perilaku pemakaian dan perawatan alat-alat ini juga mempengaruhi durasi penggunaan Behel Gigi.

Jika pasien tidak mengikuti instruksi dari Dokter Gigi Spesialis Ortodonti dengan benar, maka ada kemungkinan durasi perbaikan posisi gigi juga bisa bertambah.

4. Asupan Makanan

Konsumsi makanan yang keras, lengket, atau mungkin beberapa makanan yang cukup renyah berisiko merusak sebagian Behel Gigi. Jika rusak, proses pembetulannya tidak akan maksimal. Sehingga diperlukan perbaikan dan tentu durasi pemakaian Behel Gigi juga akan menjadi lebih lama lagi.

5. Gaya Hidup

Pemasangan yang tidak disertai perawatan yang benar akan membuat proses perbaikannya tidak optimal. Pastikan untuk melakukan kunjungan pemeriksaan berkala, menjaga kebersihannya, serta gunakan Aligner dengan benar sesuai arahan.

Jika gemar berolahraga, berkonsultasilah dengan Spesialis Ortodonti mengenai penggunaan pelindung mulut yang tepat untuk melindungi Behel Gigi selama berolahraga. Hal ini penting untuk menghindari cedera pada mulut. 

6. Komitmen Pasien

Pada penggunaan Behel Gigi, pasien perlu melakukan kontrol rutin setiap beberapa minggu. Tujuan dari kontrol ini salah satunya untuk mengaktifkan kembali gaya/tekanan yang diberikan agar gigi bisa bergerak atau bergeser ke posisi idealnya. Semakin rutin kontrol, akan semakin aktif dan efektif gaya yang bekerja pada gigi, sehingga perawatan ortodontik bisa semakin cepat menunjukkan hasil yang diinginkan. 

Untuk memperkirakan durasi pemakaian Behel Gigi yang dibutuhkan seseorang, maka dibutuhkan diagnosa terlebih dahulu oleh Dokter Gigi Spesialis Ortodonti yang salah satu pendalaman ilmunya adalah proses koreksi posisi gigi.

Berapa Harga Behel Gigi yang Asli?

Harga behel gigi yang asli akan berbeda sesuai jenis Behel Gigi yang dibutuhkan. Misalnya, harga pasang behel bahan metal USA oleh Dokter Gigi Spesialis Ortodonti di AUDY Dental dibanderol mulai dari 6 juta rupiah. Sudah termasuk biaya konsultasi dan cetak gigi senilai 750 ribu rupiah serta pemasangan kawat pada gigi bagian atas dan bawah.

Pastikan untuk memilih Klinik Gigi Dokter Spesialis dengan review Behel Gigi yang sudah terpercaya seperti AUDY Dental. Tak hanya kualitas pelayanan, konsultasi dan pemasangan dengan Dokter Gigi Spesialis Ortodonti juga menjadi salah satu daya tarik yang penting sebagai pertimbangan.

Booking sekarang juga atau langsung kunjungi Klinik AUDY Dental terdekat dari lokasi rumah. Sampai jumpa di klinik, Sahabat AUDY!

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Harga Pasang Behel di Klinik Dokter Gigi Spesialis Ortodonti