Ingin Kunjungi Dokter Gigi di Surabaya? Pahami Perbedaan Spesialisasi & Harga di Sini

Kriteria Dokter Gigi Semarang yang Recommended dan Cara Mencarinya!

Sedang berada di Surabaya dan perlu mengunjungi dokter gigi, namun bingung melihat variasi spesialisasi pada bagian belakang namanya? Tentu tidak berbeda, spesialisasi para Dokter Gigi Surabaya juga sama dengan Dokter Gigi di daerah lainnya, kok!

Saat sakit gigi, seringkali kita tak begitu paham dengan spesialisasi Dokter Gigi yang sesuai dengan rasa sakit yang tengah kita alami. Ada baiknya untuk mengetahui perbedaan dari spesialisasi para Dokter Gigi dari sekarang agar kelak bisa lebih mudah untuk memilih Spesialis yang sesuai dengan kebutuhan. Sebelum mengunjungi Dokter Gigi Surabaya ataupun Dokter Gigi di daerah lainnya, yuk, pahami dulu perbedaan spesialisasi mereka.

Apa Saja Jenis Dokter Gigi Spesialis di AUDY Dental Surabaya?

Seperti Dokter umum, Dokter Gigi juga memiliki beberapa jenis spesialisasi. Menurut situs hellosehat, tidak semua masalah yang menyerang gigi, gusi, maupun area lainnya pada mulut bisa ditangani oleh dokter gigi umum. Oleh karena itu, beberapa kasus dan kebutuhan gigi dan mulut kita akan dirujuk kepada Dokter Gigi Spesialis masing-masing.

Beberapa spesialisasi di kedokteran gigi yang adalah Sp.KGA, Sp.Perio, Sp.Ort, Sp.Pros, Sp.KG, dan Sp.BM. Apa saja kepanjangan dan perbedaan dari titel spesialis tersebut? Mari langsung kita bahas di bawah ini.

Spesialis Kedokteran Gigi Anak (Sp.KGA)

Sesuai dengan namanya, Dokter Gigi Spesialis satu ini dikhususkan untuk pasien anak-anak atau usia remaja. Spesialis Kedokteran Gigi Anak juga dikenal dengan nama Pedodontis atau Pediatric Dentist.

Para Pedodontis memiliki ilmu pengetahuan yang lebih mendalam tentang kesehatan gigi anak-anak. Mulai dari bagaimana pertumbuhan dan perkembangan gigi anak sesuai usianya hingga masalah gigi dan mulut yang kerap muncul pada usia anak dan remaja. Tak hanya itu, Dokter Gigi Anak juga mempelajari manajemen tingkah laku anak. Mereka memahami pendekatan psikologis dan bagaimana cara menangani perilaku anak yang beragam, termasuk untuk anak berkebutuhan khusus.

Sangat disarankan untuk mengunjungi Spesialis Kedokteran Gigi Anak secara rutin untuk menjaga kesehatan gigi anak. Jangan menunggu masalah gigi dan mulut muncul, berkonsultasilah dengan Dokter Gigi Anak secara berkala. Ketahui kondisi dan perawatan yang tepat seiring dengan tumbuh kembang anak kita.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Mengunjungi Klinik Dokter Gigi Anak 6 Bulan Sekali

Spesialis Periodonsia (Sp.Perio)

Dokter Spesialis Periodonsia adalah Dokter Gigi Spesialis yang melakukan perawatan pada gusi, tulang di sekitar gigi, dan jaringan pendukung lainnya pada gigi. Sesuai nama spesialisasinya, mereka melakukan pemeriksaan diagnosis, serta perawatan pada jaringan periodontal, yaitu lapisan pendukung gigi.

Fokus utama Periodonsia adalah jaringan pendukung gigi, termasuk kesehatan gusi, jaringan lunak, dan tulang alveolar. Mereka juga dapat menangani penyakit gigi dan mulut lainnya, seperti radang gusi, gigi goyang, gusi berdarah tanpa penyebab luar, nyeri saat mengunyah, bau mulut kronis yang tak hilang bahkan setelah sikat gigi, dan masalah lainnya.

Spesialis Ortodonti (Sp.Ort)

Dokter Spesialis Ortodonti mungkin adalah Dokter Gigi Spesialis yang paling sering kamu dengar jika berhubungan dengan pemasangan behel gigi. Hal ini dikarenakan fokus Spesialis Ortodonti memang berhubungan dengan proses koreksi atau pembetulan posisi gigi. Jika kamu memiliki gigi dengan posisi yang tidak rapi, terlalu maju, atau kondisi struktur gigi yang tak sesuai lainnya, maka Spesialis Ortodonti adalah Dokter Gigi Spesialis yang tepat untukmu.

Pembetulan struktur gigi ini tidak semata-mata estetika, tujuan utamanya tentu saja kesehatan, yaitu mengembalikan fungsi gigi kita sebagaimana mestinya. Perawatan Ortodonti ditujukan untuk memperbaiki fungsi pengunyahan, rahang, sendi, hingga berbicara.

Spesialis Prostodonsia (Sp.Pros)

Jika Ortodonti berfokus pada pembetulan struktur gigi, Dokter Spesialis Prostodonsia adalah Dokter Gigi yang fokus dalam penggantian dan restorasi gigi. Berbeda dengan Dokter Gigi Umum, Spesialis Prostodonsia menangani kasus gigi yang kompleks, seperti di antaranya operasi rahang dan implan.Tak hanya penggantian gigi mereka juga fokus untuk memulihkan kesehatan dan fungsi mulut secara keseluruhan.

Konsultasi dengan Spesialis Prostodonsia sangat penting jika kamu akan melakukan operasi penggantian gigi atau bedah mulut. Sesuai dengan pelatihan intensif yang mereka lakukan, perawatan yang akan kamu terima seharusnya juga berkualitas tinggi dan lebih efisien sesuai kebutuhan kondisi gigi dan mulutmu. Selain kasus kompleks, biasanya Ahli Prostodonsia juga bisa melayani kebutuhan gigi palsu dan veneer.

Baca juga: Pentingnya Pasang Gigi Palsu Permanen untuk Mengganti Gigi yang Hilang

Spesialis Konservasi Gigi (Sp.KG)

Dokter Spesialis Konservasi Gigi adalah para Dokter Gigi yang menerima pelatihan tambahan dengan fokus diagnosis nyeri gigi, perawatan saluran akar, serta prosedur lainnya yang berkaitan dengan bagian dalam gigi. Sesuai namanya, para Spesialis Konservasi Gigi, atau yang juga dikenal dengan Endodontist, berusaha untuk mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rongga mulut. Mereka melakukan berbagai perawatan agar estetika dan fungsi gigi dapat tetap berjalan dengan baik.

Spesialis Konservasi Gigi juga melakukan perawatan terhadap saluran akar dan prosedur bedah berkaitan dengan penyakit yang dapat mengganggu kesehatan serta penampilan gigi. Perawatan Endodonti di antaranya adalah penambalan, implan endodontik, pengelolaan gigi yang mengalami trauma, dan perawatan saluran akar endodontik bedah.

Spesialis Bedah Mulut (Sp.BM)

Dokter Gigi Spesialis satu ini secara spesifik menangani masalah gigi yang memerlukan pembedahan. Spesialis Bedah Mulut mempelajari ilmu pembedahan dan operasi secara umum untuk tindakan pembedahan dalam rongga mulut.

Beberapa kasus yang ditangani oleh Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut adalah rekonstruksi wajah dan rahang, pencabutan gigi geraham bungsu, abses besar, hingga pengangkatan tumor gigi. Spesialis ini juga bisa melakukan pencabutan gigi biasa, durasinya relatif lebih cepat sehingga bisa mengurangi trauma pencabutan gigi.

Baca juga: Yuk, Kenali Profesi Seorang Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut

Berapa Harga Konsultasi ke Dokter Gigi Surabaya?

Harga konsultasi Dokter Gigi umum dengan Dokter Gigi Spesialis tentu berbeda sesuai dengan kompetensi dan tindakan lanjutan yang diperlukan. Namun, jika kamu perlu mengetahui perkiraan biaya konsultasi Dokter Gigi Surabaya, kamu bisa langsung menghubungi AUDY Dental Surabaya di 031-9915-0763 atau melalui WhatsApp di 0811-1568-198.

Yuk, segera atasi masalah gigi dan mulut kamu dengan Dokter Spesialis Gigi yang tepat di AUDY Dental.