Harga Gigi Palsu, Jenis, Prosedur Pemasangan, dan Cara Merawatnya

Harga Gigi Palsu, Jenis, Prosedur Pemasangan, dan Cara Merawatnya

Gigi palsu atau tiruan adalah salah satu solusi yang bisa dipilih untuk menggantikan gigi yang hilang atau tanggal. Selain itu, gigi palsu dapat memulihkan kenyamanan saat bicara atau mengunyah, memperbaiki penampilan, meningkatkan rasa percaya diri, hingga mencegah pengeroposan tulang rahang. Karena manfaatnya tersebut, banyak orang bertanya tentang harga gigi palsu. 

Tapi sebelum mengetahui berapa harga gigi palsu, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu jenis dan prosedur pemasangannya. Dengan mengetahui jenis dan prosedurnya, dapat memudahkan pemilihan gigi palsu yang sesuai dengan kebutuhan. 

Ada apa saja sih jenis gigi palsu? Yuk, simak bersama di sini!

Mengenal Jenis Gigi Palsu

Gigi palsu memiliki beragam jenis yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi rongga mulut dan masalah gigi yang dialami. Jika menginginkan harga gigi palsu yang lebih terjangkau, maka bisa memilih gigi palsu lepasan. 

Sesuai dengan namanya, gigi palsu jenis ini adalah gigi tiruan yang dapat dilepas pasang. Menurut sumber berikut, prosedur ini menjadi salah satu cara mengisi kekosongan ruang yang dapat menjadi opsi jika banyak gigi yang hilang. Gigi palsu akan dibuat sangat mirip dengan gigi asli agar kondisinya kurang lebih sama seperti sedia kala. 

Gigi palsu lepasan juga memiliki beragam jenis, berikut penjelasannya!

1. Gigi Palsu Lengkap Lepasan 

Gigi palsu jenis ini adalah gigi palsu lepasan yang menggantikan seluruh gigi geligi pada suatu lengkung rahang. Gigi palsu lengkap lepasan tidak hanya terdapat pada satu rahang saja, tetapi juga pada kedua rahang. Jika pada satu rahang saja disebut dengan Single Complete Denture.

2. Gigi Palsu Sebagian Lepasan

Berbeda dengan gigi palsu lengkap lepasan, gigi palsu sebagian lepasan adalah gigi tiruan yang hanya menggantikan beberapa gigi yang lepas atau tanggal. Selain untuk menggantikan gigi yang tanggal, gigi palsu sebagian berfungsi untuk menjaga agar gigi yang tersisa tidak berubah posisi. 

Baca juga: Memilih Gigi Palsu Lepasan yang Tepat

Bahan Pembuatan Gigi Palsu Lepasan

Gigi palsu lepasan memiliki beragam bahan pembuatan, seperti berikut:

1. Bahan Resin Akrilik

Gigi palsu lepasan yang menggunakan bahan resin akrilik memiliki keuntungan dan kelebihan, yaitu 

Kelebihannya:

  • Teknik pembuatan dan pemolesannya mudah.
  • Lebih ringan.
  • Lebih estetik karena memiliki warna yang sama dengan jaringan di sekitarnya.
  • Dapat dilakukan relining (prosedur yang digunakan untuk melapisi kembali sisi jaringan gigi tiruan dengan bahan resin baru) dan rebasing (prosedur untuk mengganti basis gigi tiruan dengan akrilik baru, tanpa mengubah posisi gigi serta oklusi gigi atau kontak antara gigi-geligi) dengan mudah. 

Kekurangannya: 

  • Mudah terjadi abrasi pada saat pembersihan dan pemakaian.
  • Dimensi tidak stabil baik saat pembuatan, pemakaian, dan reparasi.
  • Dapat menyerap cairan mulut, sehingga bisa memengaruhi stabilitas warna dan meninggalkan bau. 

2. Bahan Kombinasi Metal dan Akrilik

Gigi palsu ini terdiri dari landasan gigi tiruan logam, sedangkan gigi buatannya terdiri dari bahan akrilik. Karena bahan logam lebih kuat, landasan gigi tiruan kerangka logam dapat dibuat lebih tipis dan lebih kecil, sehingga lebih nyaman dipakai. 

Gigi palsu kombinasi metal dan akrilik juga memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu:

Kelebihannya:

  • Bahan logam dapat mencegah bau tak sedap pada rongga mulut.
  • Lebih nyaman dipakai karena dapat dibuat tipis. 
  • Semua bagian gigi tiruan merupakan satu kesatuan, bukan homogen.
  • Gaya-gaya yang timbul akibat pengunyahan dapat disalurkan dengan lebih baik.
  • Gingival sulcus lebih sehat.
  • Menyalurkan panas lebih cepat. 

Kekurangannya:

  • Kurang estetik karena logam dapat terlihat.
  •  Harga gigi palsu berbahan kombinasi logam dan akrilik ini jauh  lebih mahal.

Baca juga: Memasang Gigi Palsu, Bahaya atau Tidak?

Prosedur Pemasangan Gigi Palsu 

Prosedur pemasangan gigi palsu pastinya akan berbeda-beda setiap orang, tergantung masalah yang dihadapi. Dilansir dari sumber berikut, prosedur akan dimulai dengan pemeriksaan oleh Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia. Dokter Gigi akan memeriksa keadaan gusi dan tulang penyokong gigi untuk menentukan rencana perawatan yang tepat. 

Pemeriksaan akan melibatkan rontgen gigi untuk mengetahui kondisi jaringan dan tulang di dalam rongga mulut. Jangan lupa untuk beritahu Dokter Gigi apabila memiliki riwayat penyakit atau sedang rutin mengonsumsi obat tertentu. Pada beberapa kasus, akan dilakukan proses cabut gigi terlebih dahulu, apalagi jika kondisi gigi sudah tidak sempurna.

Baca juga: Mengenal Prosthodonti, Dokter Spesialis Untuk Memasang Gigi Palsu

Cara Merawat Gigi Palsu yang Benar

Seperti dikutip dari sumber berikut, bahwa sama seperti gigi asli, gigi palsu juga perlu dirawat agar kesehatannya tetap terjaga. Berikut beberapa cara merawat gigi palsu, simak di sini!

  1. Siram gigi palsu dengan air mengalir sebelum menyikatnya, untuk menghilangkan sisa makanan dan kotoran.
  2. Gunakan sikat gigi berbulu lembut dan pembersih non abrasif. Sikat dengan lembut permukaan gigi palsu agar tidak tergores.
  3. Jangan lupa, bersihkan juga mulut secara menyeluruh termasuk gusi, pipi, langit-langit mulut, dan lidah untuk menghilangkan plak. Ini dapat membantu mengurangi risiko iritasi dan bau mulut.
  4. Saat gigi palsu sedang tidak dipakai, simpan di tempat aman yang terendam air agar tidak melengkung.

Baca juga: Hati-hati, Jangan Asal Pasang Gigi Palsu di Sembarang Klinik

Harga Gigi Palsu Berdasarkan Jenisnya

Harga gigi palsu yang ditetapkan pastinya berbeda-beda, tergantung dari masalah dan jenis perawatan apa yang diambil. Umumnya, gigi palsu lepasan berbahan akrilik lebih terjangkau dari jenis gigi palsu lainnya. 

Harga gigi palsu akan lebih terjangkau lagi, bila solusi yang dipilih adalah gigi palsu sebagian lepasan. Karena jenis gigi palsu tersebut, hanya perlu menggantikan beberapa gigi saja. 

Jika Sahabat AUDY masih ragu, apakah harga gigi palsu yang ada sesuai dengan budget, bisa mencari tahu harganya dengan mengunduh price list AUDY Dental di sini.

Atau bisa juga langsung mengunjungi klinik AUDY Dental terdekat. Yuk, buat janji sekarang juga! Temukan gigi palsu yang sesuai dengan kebutuhan dan harga yang pas.