Rekomendasi Pasang Gigi Palsu Terdekat di Sekitar Jakarta! Cari Tahu Juga Jenisnya Sesuai Kebutuhan

Rekomendasi Pasang Gigi Palsu Terdekat di Sekitar Jakarta!

Butuh pasang gigi palsu, tapi tidak tahu tempat pasang gigi palsu terdekat di sekitar Jakarta? Jangan panik, saat ini sudah banyak klinik gigi terpercaya yang menawarkan pelayanan tersebut. Salah satunya adalah klinik gigi AUDY Dental. 

AUDY Dental telah dipercaya melayani pasien di Indonesia selama lebih 14 tahun dengan 27 cabang yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Dengan berbagai keunggulan demi memberikan kenyamanan selama prosedur perawatan gigi dan mulut di AUDY Dental. 

Seperti yang disebut di atas, AUDY Dental juga memiliki banyak cabang di Jakarta yang bisa dipilih sesuai dengan domisili pasien. Penasaran ada di mana saja sih cabang AUDY Dental Jakarta? Cek semua daftar cabangnya di sini! 

Baca Juga: Cari Harga Gigi Palsu yang Ternyaman? AUDY Dental Clinic Tempatnya

Cari Tahu Jenis Gigi Palsu Sebelum Memutuskan untuk Memasangnya

Setelah mengetahui cabang AUDY Dental Jakarta mana yang akan dikunjungi untuk memasang gigi palsu, ada baiknya juga mencari tahu apa saja jenis-jenis gigi palsu dan mana yang paling cocok dengan masalah gigi yang dialami. 

Menurut situs berikut, gigi palsu atau denture adalah alat bantu untuk menggantikan gigi yang hilang dan jaringan gusi di sekelilingnya. Penggunaan gigi palsu dapat mengatasi keluhan yang muncul akibat gigi yang hilang, seperti gangguan makan dan bicara, serta menurunnya rasa percaya diri. 

Tapi sebelum memutuskan untuk pasang gigi palsu, ketahui dulu jenis-jenisnya yang sesuai dengan kebutuhan, yuk! 

1. Gigi Palsu Lepasan

Dilansir dari sumber berikut, dari banyaknya jenis, gigi palsu lepasan adalah salah satu yang paling digemari. Alasannya adalah karena mudah dipasang dan dilepas kapan saja. 

Gigi palsu lepasan banyak dipilih oleh para lansia yang mulai mengalami gigi ompong. Gigi palsu lepasan telah didesain sedemikian rupa sehingga mudah dipasang. 

Namun, agar lebih nyaman bisa juga menggunakan perekat khusus gigi palsu. Perekat ini dapat membantu mencegah partikel makanan menempel di antara gigi palsu dan gusi. Perekat ini juga membantu gigi tidak mudah geser saat sedang bicara atau mengunyah makanan. 

Gigi palsu lepasan juga memiliki beberapa jenis dan kelebihannya yang perlu diketahui. Apa saja? Berikut jenisnya:

  1. Gigi Palsu Akrilik
    – Plat terbuat dari bahan akrilik.
    – Jenis gigi tiruan paling ekonomis.
    – Plat relatif tebal dengan tambahan cengkeram kawat.
    – Bisa digunakan untuk kasus kehilangan banyak gigi.
  2. Gigi Palsu Fleksi (Tanpa Kawat)
    – 
    Plat terbuat dari bahan Nylon Thermoplastic.
    – Fleksibel dan tidak mudah patah.
    – Plat lebih kecil dan tipis sehingga nyaman digunakan.
    – Ideal untuk kasus kehilangan gigi dalam jumlah sedikit.

  3. Gigi Tiruan Kerangka Logam
    Plat terbuat dari bahan metal.
    – Lebih kuat dan tahan lama.
    – Plat tipis dengan tambahan cengkeram logam.
    – Bisa digunakan untuk kasus kehilangan banyak gigi.

Baca Juga: Gigi Palsu Tanam, Pahami Kelebihan dan Prosedurnya

2. Gigi Palsu Jembatan (Bridge)

Melansir situs berikut, gigi palsu jembatan merupakan jenis gigi palsu tiruan permanen yang lebih nyaman digunakan. Umumnya gigi palsu jenis ini terbuat dari bahan ceramic, logam, porselen, kombinasi logam dan porselen agar dapat menyatu secara estetis dengan gigi asli. 

Selain lebih nyaman saat digunakan, warna gigi palsu jembatan dapat disesuaikan dengan warna gigi asli. Meski begitu, gigi palsu jembatan kurang sesuai jika untuk mengatasi kehilangan gigi dalam jumlah banyak. 

Biasanya seseorang yang membutuhkan perawatan ini dengan beberapa kondisi, seperti infeksi gigi yang sudah tidak dapat dirawat lagi, sehingga harus dicabut atau karena kecelakaan sehingga gigi sudah tidak dapat diperbaiki. 

Gigi palsu jembatan juga memiliki banyak jenis sebagai berikut:

  • Traditional

Traditional bridge merupakan jenis jembatan gigi yang paling populer. Prosedur ini terdiri dari pontik (komponen dari gigi tiruan) yang ditahan oleh mahkota gigi asli, yang telah diasah dan direkatkan dengan semen pada masing-masing gigi penyangga. 

  • Cantilever

Meskipun mirip dengan traditional bridge, pontik pada jembatan gigi cantilever ditahan oleh mahkota gigi yang telah diasah dan direkatkan dengan semen hanya pada satu gigi penyangga. 

  • Maryland 

Prosedur jenis gigi palsu ini menggunakan kerangka logam atau porselen yang direkatkan ke bagian belakang gigi penyangganya tanpa diasah.

  • Jembatan Gigi yang Didukung Implan 

Jembatan ini menggunakan implan gigi sebagai pengganti gigi yang hilang. 

Baca Juga: Ingin Gigi Palsu Permanen Tahan Lama? Simak 6 Tipsnya

3. Gigi Palsu Crown (Mahkota)

Menurut situs ini, gigi palsu crown adalah metode pemasangan selubung gigi palsu di atas gigi yang rusak atau patah. Crown gigi tidak sama dengan metode tanam atau implan gigi yang menanam gigi baru sampai ke akar-akarnya. 

Metode ini berfungsi untuk melindungi gigi dari kerusakan yang lebih parah, dengan cara menutup bagian gigi lama yang rusak atau patah sebagian dengan gigi palsu. 

Meski tidak dapat dilepas pasang, tapi jenis gigi palsu crown lebih nyaman dan lebih cepat beradaptasi. Jenis gigi palsu ini juga biasanya terbuat dari bahan metal porcelain, all porcelain, atau zirconia. 

Nah, di antara semua jenis gigi palsu berikut, mana nih yang paling cocok dengan masalah gigi Sahabat AUDY? Jika masih ragu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan Dokter Gigi yang ada di AUDY Dental ya!